Pendaki Bersiap, Jalur Gunung Gede Pangrango Dibuka Kembali

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kabar baik untuk para pendaki yang udah bosen di rumah dan ingin refreshing mendaki kembali. Balai Besar Taman Nasional (BBTN) Gunung Gede Pangrango telah membuka kembali jalur pendakian pada Jumat, 5 Maret 2021.

Dijelaskan bahwa keputusan itu diambil berdasarkan prakiraan cuaca yang diterbitkan Stasiun Meteorologi BMKGK Citeko Bogor terkait cuaca di sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Juga, hasil pemantauan lapangan petugas TNGGP.

Sebagai catatan tambahan, pihaknya mengimbau untuk tetap mematuhi SOP pendakian dan tak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan, mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung. “Juga, jadilah pendaki yang cerdas,” sambung mereka.

Sebelumnya, penutupan jalur pendakian dilakukan pihak TNGGP hingga 28 Februari 2021. Di pengumuman saat itu, BBTN Gunung Gede Pangrango menyebut bahwa bila sampai 1 Maret prakiraan cuaca buruk tetap diterbitkan Stasiun Meteorologi BMKGK Citeko Bogor, pembukaan jalur pendakian akan tetap ditunda.

Batas waktunya, yakni sampai dinilai aman untuk kembali melakukan pendakian. Mengingat, cuaca ekstrem di sekitar TNGGP sempat berlangsung selama Februari 2021. Penutupan itu juga dilaksanakan untuk pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian.

Mengutamakan keselamatan pendaki, pihak BBTN Gunung Gede Pangrango telah beberapa kali menutup jalur pendakian akibat cuaca ekstrem. Sebelum ini, penutupan jalur pendakian Gung Gede Pangrango telah berlangsung pada 28 Desember 2020–31 Januari 2021.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak tawaran destinasi alam di kawasan Bogor, Jawa Barat. Selama masa krisis kesehatan global, opsi wisata alam memang telah jadi lebih populer, mengingat banyak orang menghindari berada terlalu lama di satu ruangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini