Pendaftaran SBMPTN Dibuka Hari Ini! Ini Sederet Tips yang Penting Dilakukan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sudah mulai dibuka pada Senin ini, 10 Juni 2019 pukul 13.00 WIB. Pendaftaran akan dibuka hingga 24 Juni 2019 mendatang.

Nah buat kalian para pejuang SBMPTN 2019 agar semakin siap menghadapi proses pendaftaran, ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut ini ya gaes!

Ketahui Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2019

Sebelum mendaftar, tentu ada baiknya kalian mengetahui secara pasti tahapan demi tahapan pendaftaran SBMPTN. Cermati apa saja persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Semua informasi resmi terkait dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 akan selalu di-update melalui laman resmi di http://sbmptn.ac.id. Karena itu, pantau selalu laman tersebut ya gaes.

Portofolio Tambahan

Saat pendaftaran, ada beberapa portofolio tambahan yang wajib diunggah khusus bagi peserta yang memilih program studi bidang senin dan olahraga. Berikut jenis portofolionya:

Portofolio Olahraga
Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
Portofolio Tari
Portofolio Teater
Portofolio Musik
Portofolio Seni Karawitan
Portofolio Etnomusikologi
Portofolio Fotografi
Portofoio Film dan Televisi

Lakukan 3 Hal ini Sembari Menunggu Pengumuman SBMPTN

Pengumuman hasil SBMPTN 2019 baru akan diumumkan pada 9 Juli 2019. Artinya, kalian punya waktu yang cukup lama untuk mengetahui hasil, yakni hampir satu bulan.

Nah, sembari menunggu pengumuman, para calon mahasiswa bisa melakukan berbagai kegiatan positif hingga tanggalnya yang dinantikan tiba.

Pertama, kalian bisa ikut kegiatan kursus sesuai hobi atau keterampilan yang kalian minati. Misalnya, komputer, memasak, dan lain-lain. Yang penting, bisa bermanfaat menambah skill dan portofolio kalian.

Kedua, waktu sebulan tersebut bisa kalian manfaatkan untuk mematangkan rencana masa depan. Salah satunya, dengan mencari informasi PTS sebagai alternatif lain untuk melanjutkan studi.

Ketiga, usai mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 dan mengurus berbagai hal terkait SBMPTN tentunya kalian sedikit banyak mengalami stres. Karena itu, tak ada salahnya memanfaatkan waktu sebulan itu untuk refreshing sejenak.

Coba tenangkan pikiran dengan melakukan aktivitas menyenangkan atau hobi-hobi yang kalian suka. Misalnya saja, nonton film, baca komik atau jalan-jalan bareng teman dan keluarga.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini