Pendaftaran CPNS 2019 Diserbu Pelamar Siluman, Begini Penjelasan BKN

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Pendaftaran CPNS 2019 yang sudah dibuka sejak 11 November 2019 lalu kabarnya diserbu oleh pelamar ‘siluman’. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut, oknum-oknum pelamar siluman itu diketahui mendaftar di berbagai instansi yang membuka lowongan CPNS.

Plt Kabiro Humas BKN Paryono berkata, pihaknya curiga, ada orang-orang yang sengaja mendaftar main-main, agar jumlah pelamar tampak banyak, sehingga pelamar lainnya berpikir mundur karena banyak saingan.

Fakta ini ditemukan BKN usai dokumen pelamar CPNS 2018 lalu, saat banyak peserta gagal lolos seleksi administrasi karena dokumennya yang tidak sesuai dan terkesan sembarangan, tidak sesuai syarat yang ditentukan.

“Dulu ada orang dikerahkan masuk ke dalam salah satu formasi sehingga seolah-olah yang daftar banyak,” kata Paryono, Jumat 15 November 2019, seperti dikutip dari Liputan6.

Jika pendaftar formasi terlihat banyak, maka akan ada efek psikologis bagi pelamar lainnya, yakni berupa ragu untuk bersaing di formasi tersebut.

Padahal, pelamar di formasi itu dicurigai banyak peserta CPNS fiktif. Pelamar yang awalnya terlihat banyak pun langsung menjadi sedikit ketika proses seleksi administrasi selesai.

“Dokumen yang diunggah banyak yang tidak sesuai. Mereka sudah submit, tetapi begitu diperiksa itu banyak dokumen yang tidak sesuai begitu diverifikasi,” ujarnya.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini