Penanganan Covid-19 Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Naik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Upaya pemulihan ekonomi saat ini terus dilakukan oleh pemerintah, salah satunya dengan fokus melakukan penanganan covid-19. Walaupun berjalan perlahan, terlihat sudah ada pertumbuhan ekonomi sejak kuartal IV tahun lalu.

Diketahui, sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan ekonomi Indonesia di 2020 terkontraksi 2,07 persen secara tahunan (yoy).

Meski mengalami kontraksi, Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan melihat tren pemulihan ekonomi berlanjut. Pemulihan tersebut terlihat dari data pertumbuhan ekonomi yang membaik dalam tiga kuartal terakhir.

Sejak pandemi Covid-19 melanda, ekonomi Indonesia untuk pertama kalinya terkontraksi pada kuartal II 2020 dengan minus 5,32 persen. Memasuki kuartal ketiga kontraksi kembali terjadi sebesar 3,49 persen.

Menurutnya, akar permasalahan dari kontraksi perekonomian nasional ada pada pandemi Covid-19. Kebijakan penanganan dan pencegahan Covid-19 perlu terus ditingkatkan dan diupayakan oleh seluruh elemen pemerintah dari pusat hingga daerah.

“Jika pemerintah tidak berfokus pada upaya penanganan Covid-19, langkah-langkah yang ditempuh untuk pemulihan ekonomi pun menjadi sia-sia,” kata Pingkan di Jakarta, Rabu 10 Februari 2021.

Jika dilihat dari sektor lapangan usahanya, kata dia hanya dua sektor saja yang mengalami peningkatan jika dibandingkan secara (yoy) dengan kondisi di kuartal IV 2019.

Kedua sektor tersebut ialah sektor informasi dan komunikasi yang bergerak dari 9,78 persen (Q4 2019) ke 10,91 persen (Q4 2020) serta sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial dengan pergerakan dari 7,83 persen (Q4 2019) menjadi 16,54 persen (Q4 2020).

“Hal ini sangat relevan dengan dinamika yang terjadi di masyarakat selama pandemi,” katanya.

Pingkan menilai kebijakan pembatasan sosial yang diberlakukan di daerah-daerah di Indonesia per Maret 2020 silam telah mendorong adanya adaptasi kebiasaan baru bagi masyarakat.

Kegiatan pendidikan, perekonomian, ibadah, hingga bekerja pun bertransformasi ke arah digitalisasi, sektor informasi dan komunikasi menjadi tumpuannya.

Selain itu, sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial juga terdongkrak seiring dengan semakin banyaknya kasus positif Covid-19 dan masyarakat terdampak yang tercatat di Indonesia.

Pemerintah perlu memperhatikan sektor-sektor yang mengalami peningkatan pertumbuhan dan mendorong supaya sektor-sektor tersebut bisa terus berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi.

“Untuk sektor informasi dan komunikasi misalnya, pemerintah perlu mendorong terciptanya ekosistem yang kondusif untuk semua pelaku di sektor tersebut melalui regulasi yang adaptif dan memperhatikan dinamikanya. Di saat yang bersamaan, upaya untuk meningkatkan kinerja pertumbuhan sektor-sektor lain yang masih terdampak terus dilakukan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini