Pemerintah Cina Larang Laki-laki ‘Ngondek’ Tampil di TV

Baca Juga

MATA INDONESIA, BEIJING – Pemerintah Cina melarang beberapa reality show ajang pencarian bakat yang mempromosikan representasi pria banci. Sebagai gantinya, stasiun televisi diwajibkan untuk mempublikasikan pria yang lebih maskulin.

Regulasi ini ditetapkan sebagai bagian dari sikap tegas pemerintah Cina terhadap budaya industri hiburan yang menurut pihak berwenang menyesatkan generasi muda Beijing.

Pemerintah Cina juga memerintahkan para penyiar untuk menolak estetika abnormal seperti pria banci, influencer vulgar, kenaikan gaji para bintang, serta artis yang dianggap tidak memiliki moral.

Menurut regulator, aturan baru dirancang untuk memperbaiki masalah dugaan pelanggaran artis terhadap hukum dan moralitas dan kekacauan di komunitas penggemar dan untuk menciptakan suasana cinta untuk partai dan negara, serta menghormati moralitas dan seni.

Pertunjukan pengembangan idola telah menjadi fenomena besar di Cina dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian karena produser program ini telah memperkenalkan format inovatif dari negara-negara seperti Korea Selatan dan Inggris.

Program-program seperti “Youth with You” dan “Produce 101” telah menunjukkan kepada publik tentang pembentukan boyband dan girlband, mengubah peserta pelatihan – kebanyakan anak muda Cina dari latar belakang biasa, menjadi selebritas melalui persaingan dan bimbingan yang ketat.

Pihak regulator juga meminta media Cina untuk dengan tegas menolak memamerkan tayangan yang berbau kekayaan dan kesenangan, acara gosip dan privasi, topik hangat negatif, selebriti internet vulgar, serta acara hiburan yang tidak bermoral lainnya.

Bertepatan dengan pengumuman ini, regulator merilis daftar 24 program yang dianggap sebagai program terbaik pada kuartal pertama tahun ini. Di antara program tersebut, salah satunya adalah program yang terkait dengan sang pemimpin, Xi Jinping, melansir The Guardian, Jumat, 3 September 2021.

Bulan lalu, aktor Zheng Shuang didenda sebesar 46 juta USD karena penggelapan pajak. Sekitar waktu yang sama, nama aktor sekaligus duta brand Fendi, Zhao Wei, dihapus dari semua karya di platform hiburan utama, termasuk acara TV populer My Fair Princess.

“Saya dukung tegas, seharusnya regulator sudah melakukan itu lebih awal. Saya tidak pernah mengerti mengapa beberapa orang yang tidak mencolok, sulit untuk dideteksi apakah mereka laki-laki atau perempuan, tiba-tiba menjadi populer, dan bagaimana mereka menghasilkan 1 miliar yuan selama setahun,” kata seseorang di Weibo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini