Pemekaran Jadi Salah Satu Janji Jokowi untuk Papua

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Menjawab usulan dari tokoh masyarakat, Presiden Joko Widodo berjanji akan menindaklanjuti usulan pemekaran di Papua, terutama untuk Pegunungan Tengah di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Sementara ini, Jokowi menyebut pemerintah tengah menerapkan moratorium pemekaran di seluruh daerah. Namun, untuk Papua, Jokowi janji akan ditindaklanjuti.

“Tapi, khusus untuk Pegunungan Tengah, jangan tepuk tangan dulu, akan saya tindak lanjuti,” ujar Jokowi di hadapan tokoh masyarakat adat Papua, Senin 28 Oktober 2019.

Presiden berkata, saat ini ada 183 antrean usulan pemekaran daerah. Ia belum bisa mengabulkan satu pun usulan tersebut, namun tetap memperhatikannya.

“Begitu dibuka satu, yang lain pasti ngantre di depan kantor setiap hari. Ada 183 yang mengajukan di meja saya, tumpukannya mungkin dua kali ini, baik provinsi, kabupaten dan kota. Ini menjadi PR saya setelah pulang dari sini,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi bertemu dengan sejumlah tokoh adat dan tokoh agama di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Dalam kesempatan itu, presiden menerima berbagai usulan dari tokoh masyarakat.

Presiden turut didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Plt Kapolri Komjen Ari Dono, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini