Pemberdayaan Masyarakat Alternatif Mencegah Kejahatan di Perbatasan Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Papua Nugini (PNG) masih menjadi pemasok utama narkotika jenis ganja di Provinsi Papua. Hal ini memperlihatkan bahwa masih diperlukan adanya penguatan di wilayah perbatasan agar praktik kejahatan melalui perbatasan bisa dicegah. Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta menegaskan bahwa salah satu cara penguatannya bisa dengan memberdayakan masyarakat.

“Penguatan perbatasan harus dilakukan, perlu kolaborasi untuk menguatkan perbatasan, TNI dengan gelar teritorial di perbatasan dan program pemberdayaan masyarakat bisa menjadi alternatif untuk penguatan perbatasan sehingga mengurangi celah untuk masuknya kejahatan dari luar. Kegiatan pembinaan masyarakat dari Polri lewat Babinkamtibmas juga harus ditingkatkan,” kata Stanislaus kepada Mata Indonesia News, Senin 20 Desember 2021.

Pembinaan terhadap masyarakat juga bisa dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan jalur tikus untuk melakukan tindak kejahatan. Beberapa wilayah yang patut untuk diwaspadai meliputi Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom.

“Banyak jalan tikus yang bisa digunakan para pengedar melintas dan memasuki wilayah Papua, khususnya Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom yang berbatasan langsung dengan PNG,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua Tjatur Abrianto.

Adapun pengentasan terhadap kasus narkotika sudah sepatutnya dilakukan. Hal ini tidak lepas dari data dari BNNP Papua yang telah menangani sebanyak 19 kasus dengan 25 tersangka terkait kasus narkotika jenis ganja dan sabu selama tahun 2021.

Pemasok sabu-sabu mayoritas berasal dari tiga daerah, yaitu Jakarta, Madura (Jawa Timur), dan Makassar (Sulawesi Selatan) yang dikirim melalui jasa pengiriman barang. Maka BNN berharap kerja sama dengan semua pihak agar bisa menggagalkan upaya penyebaran narkotika jenis sabu-sabu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini