Pemberdayaan Ekonomi, Wujud Pelibatan Napiter dalam Kehidupan Masyarakat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masalah ekonomi masih menjadi salah satu penyebab munculnya terorisme yang berasal dari hulu.

Maka salah satu upaya pencegahannya yaitu dengan memberikan pemberdayaan ekonomi kepada napiter. Pengamat intelijen dan terorisme Stanislaus Riyanta menilai pelibatan napiter dalam kehidupan masyarakat merupakan salah satu upaya merangkul mereka.

“Diberikan program pemberdayaan ekonomi, diberi peran sosial di masyarakat, diajak terlibat dalam kegiatan-kegiatan budaya dan lain-lain,” kata Stanislaus kepada Mata Indonesia News, Rabu 17 Februari 2021.

Upaya merangkul mantan napiter dengan pemberdayaan ekonomi sudah pernah diinisiasi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada tahun 2019. Upaya ini bertujuan agar para mantan napiter memiliki kemandirian dalam ekonomi.

“Supaya mereka fokus sekarang kehidupannya lebih baik tidak mengulangi kekhilafannya,kita mandirikan ekonominya,” kata Ridwan Kamil.

Ia juga bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk fokus membina mantan napiter dalam bidang ekonomi. Salah satu tujuan jangka panjangnya yaitu para residivis ini bisa membangun UMKM.

Selain itu yang paling utama adalah mereka bisa membantu mengkampanyekan deradikalisasi kepada publik. Momentum ini bisa menjadi langkah penting untuk mencegah penyebaran radikalisme dan ekstremisme.

Pengalaman sebagai teroris tentu menjadi nilai tambahan untuk menjelaskan bahwa semua golongan dan lapisan masyarakat bisa terpapar radikal dan menjadi teroris.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini