Vaksin
(Foto: Twitter)

MATA INDONESIA, BARCELONA – Lionel Messi membantu pemain asal Amerika Selatan untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Caranya? Dengan memberikan jersey ke perusahaan farmasi Cina, Sinovac.

Presiden Uruguay, Luis Lacalle Pou bertindak sebagai perantara. Dia memberikan tiga jersey Messi lengkap dengan tanda tangan kepada Sinovac dan sebagai imbalannya 50 ribu dosis vaksin.

Vaksin tersebut diberikan kepada Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL). Nantinya, vaksin akan digunakan untuk para pesepakbola yang tampil di Copa America yang dihelat di Argentina pada Juli 2021.

Salah satu ofisial CONMEBOL, Gonzalo Belloso, memposting jersey Messi yang diberikan kepada Sinovac dimana petinggi mereka kebetulan mengagumi Messi.

“Direktur Sinovac mengagumi Lionel Messi, yang dengan baik hati mengirimkan mereka tiga buah jersey lengkap dengan tanda tangan,” cuit Belloso, dikutip dari Daily Mail, Jumat 16 April 2021.

“Kami ingin semua pesepakbola mendapatkan vaksin sebelum tampil di Copa Amerika,” lanjut Belloso.

Kesepakatan itu mendapat kritikan dari otoritas kesehatan Brasil, Anvisa. Menurut mereka, vaksin tersebut harus tetap melewati izin edar sebelum disuntikkan.

Pasalnya, Sinovac sempat mendapat kritikan terkait tingkat keampuhan virusnya hanya 60-65 persen. Sejauh ini Brasil sudah memvaksinasi sekitar 13 persen dari total populasi atau mencapai 27,8 juta orang.

Copa America sejatinya dihelat tahun 2021 di Argentina-Kolombia. Tapi, turnamen itu terpaksa diundur menjadi 13 Juni-10 Juli mendatang karena pandemi Covid-19.

Nantinya, yang mendapat vaksin bukan hanya pemain dan pelatih, tapi juga untuk perangkat pertandingan serta panitia Copa America.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here