Pemain Fiorentina Ini Gagal Perkuat Timnas Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Keinginan Timnas Indonesia memakai jasa pemain Fiorentina, Kevin Diks Bakarbessy dipastikan gagal. Ada dua faktor penyebabnya.

Jelang Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Indonesia, PSSI sedang mencari pemain yang memiliki darah Indonesia. Bedanya, PSSI mencari pemain-pemain muda di bawah usia 20 tahun agar bisa tampil di Piala Dunia U-20.

Salah satu nama yang sempat mencuat adalah Kevin Diks Bakarbessy. Diks punya darah Indonesia atau tepatnya Maluku dari ibunya. Selain itu, kakek dan nenek Diks juga asal Indonesia.

“Mamaku berasal dari Indonesia. Nama belakangnya Bakarbessy. Opa dan oma saya dari Indonesia. Mereka pergi ke Belanda di usia lima atau enam tahun,” kata Diks.

PSSI tertarik dan kemudian menelusuri silsilah Diks termasuk umurnya saat ini kepada agen sang pemain di Belanda. Hasilnya pemain kelahiran Apeldoorn, ini sudah berusia 23 tahun.

“Usia yang tidak mungkin kita masukkan ke dalam skuad timnas Indonesia di Piala Dunia 2021. Karena kita mencari pemain yang masih berumur 18 dan 19 tahun,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, di laman resmi PSSI.

Tidak hanya itu, Diks ternyata pernah bermain untuk timnas Belanda saat berumur 21 tahun. Pasal 5 Ayat 2 Statuta FIFA menyebutkan, seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi FIFA tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Dalam Statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini