Tokopedia, salah satu startup unicorn di Indonesia
Tokopedia, salah satu startup unicorn di Indonesia

MINEWS, JAKARTA – Indonesia merupakan salah satu negara yang perkembangan startupnya begitu cepat meningkat. Perkembangan startup itu membantu peningkatan perekonomian di Indonesia. Status startup sebagai ‘unicorn’ sudah diraih oleh keempat startup Indonesia yang tentunya sudah tidak asing lagi kamu dengar, yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Itu baru empat startup aja, sebenarnya masih ada peluang startup unicorn yang bisa kamu coba loh. Tuhu Nugraha, Digital marketing expert and trainer, menjelaskan pandangannya terkait bisnis startup yang memiliki peluang besar di Indonesia. Contohnya startup yang saat ini tengah dikembangkan adalah RuangGuru. Startup RuangGuru ini menjangkau pendidikan melalui media digital, diharapkan bisa mempermudah orang untuk mendapatkan pendidikan yang sama dan merata.

“RuangGuru menyelesaikan satu permasalahan yang ada kaitannya dengan pendidikan. Kenapa pendidikan? Karena pendidikan itu bisa menyelesaikan masalah pendidikan di Jakarta sampai Sabang, Merauke dengan biaya yang lebih murah,” ucapnya dalam wawancara dengan MataIndonesia pada Jum’at 15 Februari 2019.

Ia pun menyebut Indonesia punya peluang besar dalam startup bisnis muslim fashion. “Kita bisa jadi unicorn yang ada kaitannya dengan itu (muslim fashion).” Menurutnya saat ini yang menarik untuk dicoba tak melulu dari dasar teknologi saja. Industri kopi Indonesia misalnya, juga berpeluang menjadi unicorn yang meluas hingga ke luar negeri.

“Pasti akan booming produk-produk yang bukan hanya berbasis teknologi,” imbuhnya. Tapi ia memfokuskan jika unicorn yang berhubungan dengan muslim fashion akan begitu menjanjikan, terlebih Indonesia dikenal sebagai negara dengan mayoritas umat muslim yang banyak. “Baju-baju muslim berteknologi yang kemudian bisa masuk ke semua negara muslim, itu kita potensial banget. Karena kita negara muslim, jadi jangan sampai kita jadi konsumennya doang.”

Jadi, apakah kamu berminat untuk menjadi para CEO startup unicorn Indonesia yang selanjutnya guys? (Tisa)