Diego Maradona dan Pele (Foto: Express)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Diego Maradona dan Pele sering dibandingkan siapa yang lebih hebat atau unggul sepanjang sejarah sepak bola. Lantas, siapa lebih unggul?

Edson Arantes do Nascimento atau yang lebih akrab disapa Pele merupakan legenda sepak bola dunia yang berasal dari Brasil. Ia dijuluki O Rei atau Sang Raja.

Sedangkan Diego Armando Maradona merupakan legenda asal Argentina. Sama seperti Pele, Maradona memiliki julukan ‘Gol Tangan Tuhan’ yang merujuk pada gol Maradona menggunakan tangan ke gawang Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986.

Perdebatan tentang siapa yang lebih baik di antara Pele dan Maradona telah berlangsung sejak lama dan tak kunjung usai. Banyak opini-opini yang muncul terkait hal ini. Bukan hanya di kalangan masyarakat saja, bahkan atlet sepak bola pun turut berkomentar.

Mantan bintang Manchester United, Ryan Giggs berpendapat bahwa Maradona adalah atlet sepak bola terbaik sepanjang masa. “Saat ini banyak pemain bola yang kuat seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, tetapi hal-hal yang telah dilakukan Maradona, tidak pernah saya lihat pada pesepakbola lainnya”, katanya.

Berbeda dengan Giggs, mantan pelatih timnas Argentina, Cesar Luis Menotti, mengungkapkan bahwa Pele lebih baik dari Maradona. “Yang terbaik dari semuanya adalah Pele, ia merupakan campuran Di Stefano, Maradona, Cruyff dan Messi”, tambahnya.

Pele merupakan seorang penyerang, sedangkan Maradona adalah seorang gelandang. Keduanya menjadi inspirasi bagi negara mereka dalam meraih tofi Piala Dunia.

Momen terbesar Pele dan Maradona diraih bersama negara masing-masing di Piala Dunia. Pele adalah satu-satunya pemain yang pernah tampil di tiga tim pemenang Piala Dunia, setelah merasakan kesuksesan bersama Brasil di 1958, 1962 dan 1970. Sementara Maradona hanya satu kali menjuarai Piala Dunia di 1986.

Maradona mencetak lebih dari 300 gol di level klub, sedangkan Pele mencetak lebih dari 700 gol. Selama kariernya, Maradona telah bermain di berbagai liga besar. Ia bermain untuk Argentinos Juniors, Boca Juniors, Napoli dan Barcelona. Di sisi lain, Pele menghabiskan sebagian besar karirnya di Brasil bersama Santos sebelum pindah ke New York Cosmos.

Di level internasional, Pele mencetak 77 gol bersama Brasil, sementara Maradona mengemas 34 gol bersama Tim Tango. Kedua legenda itu memainkan jumlah pertandingan yang kurang lebih sama. Tetapi Pele lebih unggul dalam jumlah mencetak gol. Pele memiliki rekor gol per pertandingan 0,84 sedangkan Maradona hanya 0,37.

Dalam karier bermainnya, Pele memenangi lebih banyak gelar daripada Maradona. Pele memengangi Piala Dunia tiga kali, Copa Libertadores dua kali bersama Santos, dua Piala Interkontinental dan satu Piala Super Interkontinental. Pele mendapat enam gelar Brasileiro bersama Santos dan NASL Bowl. Serta, memiliki 10 gelar Campeonato Paulista dan empat gelar Torneio Rio-Sao Paulo. Pele juga dinobatkan sebagai pemain terbaik di Kejuaraan Amerika Selatan (sekarang Copa America) pada tahun 1959.

Sedangkan Maradona menikmati kesuksesan di Argentina, Spanyol dan Italia. Saat berada di Napoli ia memenangi dua gelar Serie A, Coppa Italia, Supercoppa Italiana, dan Piala UEFA. Di Barcelona, ​​pemain Argentina itu memenangi Copa del Rey, Copa de la Liga dan Supercopa de Espana, sementara di Boca ia memenangi Divisi Primera Argentina Metropolitano.

Maradona dua kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Amerika Selatan dan Pele tidak pernah mendapatkan penghargaan itu karena penghargaan tersebut baru dimulai pada tahun 1970-an.

Jadi, menurut kalian siapa yang lebih hebat?

Penulis: Diani Ratna Utami

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here