Pekan Depan Candi Borobudur Buka Lagi, Tapi Aturannya Ketat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JATENG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan, sejumlah objek wisata akan segera dibuka kembali dalam waktu dekat, di antaranya adalah Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Ketiga candi itu sebelumnya ditutup sudah sejak nyaris tiga bulan lalu, pada 20 Maret 2020 akibat pandemi Covid-19. Namun, pembukaan candi-candi ini akan diiringi dengan syarat yang ketat, seperti tidak ada penambahan kasus corona di wilayah tersebut dan pengunjung wajib mengikuti protokol kesehatan.

“Jadi pekan depan sudah bisa dibuka dengan syarat 14 hari sebelumnya tidak ada penambahan kasus Covid-19. Pertama boleh buka 100 orang, dan selanjutnya 200 orang,” kata Ganjar, Rabu 10 Juni 2020.

Kemudian, Ganjar berkata, pihak pengelola hanya akan membuka pintu Candi Borobudur untuk maksimal 5.000 orang saja per harinya, atau sekitar 20 persen dari total kunjungan sebelum pandemi Covid-19 menyerang.

“Ini akan jadi obat rindu. Karena sudah banyak keluhan dari pelaku usaha pariwisata maupun masyarakat,” ujarnya.

Namun, ada simulasi protokol-protokol ketat yang harus diterapkan, baik bagi pengelola tempat wisata maupun wisatawan, seperti wajib menggunakan masker, wajib cuci tangan, dan jaga jarak. Adapun simulasi langsung diterapkan dari pintu gerbang sampai di depan anak tangga pertama Candi Borobudur.

Terkait pengunjung turun dari mobil nantinya, petugas sudah menyiapkan garis-garis kotak dan wajib cuci tangan. Sedangkan sebelum berjalan menuju loket, pengunjung harus memasuki bilik disinfektan yang menyemprotkan air sabun.

Jika pengunjung enggan mengantre panjang, pengelola juga menyiapkan loket elektronik. Yang terakhir pemeriksaan suhu badan, dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan barang-barang bawaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini