4 Destinasi Ini Punya Acara Menarik Buat Temani Akhir Tahun Barumu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhir tahun biasanya dijadikan waktu berlibur keluarga, selain itu banyak tempat wisata yang mengadakan event khusus untuk menyambut tahun baru.

Mana saja tempat-tempat yang sengaja membuat acara tahun baru? Berikut Mata Indonesia mencoba mengumpulkan informasinya;

1. Denpasar Festival
Datang ke Bali bisa menjadi salah satu opsi liburan akhir tahun kalian, apalagi ada Denpasar Festival yang biasanya digelar 28 sampai 31 Desember.

Acara itu berisi sejumlah kegiatan seperti parade, pameran, pertunjukan seni, dan bazar kuliner. Sehingga Bali sangatlah cocok untuk didatangi pada liburan akhir tahun, bisa bersama keluarga atau pasangan.

2. Lovely Toraja
Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan nama Toraja sebagai destinasi wisata sebab nilai dan atraksi budayanya yang masih sangat kental.

Seperti halnya Bali, Toraja juga memiliki event akhir tahun yang diberinama Lovely Toraja atau Lovely Desember.

Acara itu berisi berbagai kesenian dan budaya Toraja, selain itu ada festival kopi, kuliner tradisional, tarung kerbau, dan festival kembang api.

Festival tersebut bukan diselenggarakan bukan semata-mata sebagai atraksi wisata tetapi memang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas semua potensi kekayaan yang ada di Toraja. Festival ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat Toraja.

3. Maluku Tengah
Maluku memiliki sebuah tradisi menarik menjelang tahun baruan, yakni bernama badendang rotan. Tradisi ini sudah ada turun temurun sebagai suatu hiburan untuk memperkuat nilai solidaritas antarwarga.

Acara itu biasanya dilakukan sore hari setelah merayakan tahun baru, tepatnya tanggal 1 Januari. Tradisi ini murni sebuah pertandingan yang mirip dengan tarik tambang ala orang maluku, sebab tambanganya terbuat dari rotan yang dianyam.

Jadi Maluku bisa menjadi destinasi alternatif menghabiskan liburan akhir tahun hingga awal tahun baru.

4. Yogyakarta
Kota ini selalu menggelar pesta kembang api meriah sebagai tradisi perayaan di malam tahun baru. Tak hanya menyaksikan pesta kembang api, pengunjung juga akan diberi suguhan pertunjukan musik dan hiburan lainnya.

Jika ingin suasana pergantian tahun yang kental unsur tradisionalnya, kamu bisa menyaksikan pagelaran wayang kulit di depan Gedung DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar semalaman suntuk.

Nah itulah beberapa daerah yang kalian dapat datangi untuk liburan akhir tahun. Selalu persiapkan opsi liburan kalian dengan matang agar liburan menjadi berkesan dan tidak mengecewakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini