Pastikan Ragunan Aman Saat Tahun Baru, Polri Gelar Operasi Lilin Jaya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jumlah pengunjung Kebun Binatang Ragunan diprediksi akan mengalami peningkatan pada tahun baru 2020 nanti. Untuk menjamin keamanan dan kenyaman pengunjung, maka Polsek Pasar Minggu telah melakukan Operasi Lilin Jaya di sekitar kawasan Taman Marga Satwa Ragunan sejak tanggal 23 Desember – 1 Januari 2019.

Kapospam Operasi Lilin Jaya Polsek Pasar Minggu Ipda Purwadi mengatakan, pada hari biasa jumlah pengunjung hanya sekitar 10.000 orang. Sementara pada hari natal kemarin jumlahnya meluap hingga 50.000 orang. Bahkan pada tahun-tahun sebelumnya pernah mencapai 203.000 orang.

“Maka dari itu kita lakukan pengamanan supaya warga sekitar dan pengunjung nyaman”, ujarnya kepada Minews, Jumat 27 Desember 2019.

Kata Purwadi, guna memantau keadaan sekitar, pihaknya akan melakukan sistem ploting di beberapa titik.

“Seperti di Lampu Merah Wisma Tani, Lampu Merah Trakindo, Lampu Merah Mangga Besar, Fly Over TB Simatupang, termasuk pula Pintu Selatan, Pintu Barat, Pintu Timur dan Pintu Utara Kebun Binatang Ragunan,” katanya.

Lokasi operasi Lilin Jaya 2019 di Kawasan Taman Marga Satwa Ragunan (marizke/ Minews.id)

Purwadi mengatakan, setidaknya terdapat 380 personil siap ditugaskan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Ragunan. Selain itu, beberapa pihak terkait yang akan diajak bekerja sama seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Pengamanan Dalam (Pamdal), TNI, Brimob, dan Pemadam Kebakaran (Pamda).

“Sejauh ini, kondisi keamanan dan ketertiban di kawasan Ragunan masih kondusif. Belum ada laporan terkait kecopetan atau kehilangan barang bawaan. Termasuk pula arus lalu lintas masih terpantau lancar,” ujarnya.

Purwadi pun mengimbau kepada para pengunjung untuk senantiasa waspada ketika sedang mengantri di setiap loket. Mengingat lokasi tersebut rawan pencopetan, maka ia telah menempatkan beberapa anggota untuk berjaga dan memantau lokasi tersebut.

Ia juga menyarankan agar di musim penghujan ini, pengunjung juga harus berhati-hati akan adanya ranting pohon yang patah ataupun pohon yang tumbang.

“Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya pengunjung segera meninggalkan area kebun binatang apabila mulai mendung dan mulai hujan,” katanya. (Marizke)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini