Pasien Cuci Darah Mau Mudik Lebaran? Ini Nasihat dari Menkes

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Apakah kamu seorang pasien cuci darah yang selama ini mengalami masalah gangguan ginjal, namun nekat akan berpergian jauh untuk mudik lebaran? Jika iya, kamu tidak boleh sembarangan loh saat akan pergi mudik.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyampaikan pesan untuk seluruh masyarakat pasien cuci darah yang akan berpergian mudik lebaran. Ia berkata sebaiknya memperhatikan kesiapan diri terlebih dulu, sebelum memutuskan untuk perjalanan jauh.

Pasien cuci darah diimbau Menkes agar memperhatikan dan tidak melewatkan jadwal cuci darah wajib yang bisa berdampak buruk pada kesehatan jika diremehkan.

“Pastikan sudah konsultasi dan mengurus surat rujukan terlebih dulu bagi pasien BPJS,” kata Menkes di Jakarta.

“Dengan surat rujukan itu, pasien bisa memakai fasilitas kesehatan terdekat di lokasi mudik yang menyediakan sarana cuci darah,” ujar Nila menambahkan.

Imbauan itu juga berlaku bagi pasien hipertensi, gangguan jantung, kolesterol, dan diabetes yang akan melakukan perjalanan jauh. Nila berpesan agar pasien jangan sampai tidak membawa atau lupa minum obat selama perjalanan dan setelah sampai di lokasi tujuan.

Hal lain yang diingatkan Nila adalah tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat saat mudik, di kampung, dan merayakan Lebaran. Persiapan yang baik, gaya hidup sehat, dan rutin minum obat memungkinkan pemudik tetap sehat hingga kembali dari kampung.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini