Pasca Pemilu 2019, MUI Keluarkan 5 Imbauan Penting

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta seluruh masyarakat tetap tenang dan sabar menanti hasil akhir perhitungan secara resmi oleh KPU sebagai acuan. Meskipun, banyak lembaga survei yang sudah merilis lebih awal hasil perhitungan Pemilu 2019.

MUI juga mengeluarkan 5 poin imbauan penting untuk masyarakat Indonesia pasca Pemilu 2019 digelar 17 April 2019 lalu. Disampaikan Sekjen MUI KH Anwar Abbas, Jumat 19 April 2019, berikut 5 imbauan penting MUI:

1. MUI mengimbau seluruh elemen masyarakat tetap tenang dan selalu menjaga ukhuwa serta tali persaudaraan, tidak melakukan hal-hal yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Meskipun sudah ada lembaga tertentu yang melakukan hitung cepat, MUI berharap masyarakat tidak menjadikan hasilnya sebagai dasar utama untuk menyatakan pihak mana yang menang dan kalah. Hanya hasil dari KPU lah sebagai acuan utama.

3. MUI mengimbau seluruh masyarakat untuk memberikan waktu dan kesempatan kepada KPU agar bekerja dengan tenang, sehingga perhitungan suara berjalan baik dan bisa dipertanggungjawabkan.

4. MUI mengaharapkan KPU bekerja secara profesional, jujur, adil, transparan, dan akuntabel, sehingga masyarakat bisa menerima hasil pemilu dengan ikhlas dan legowo.

5. Bila KPU mengumumkan hasil perhitungan, namun ada yang bekeratan, MUI mengimbau agar masalah itu diselesaikan melalui jalur hukum, sesuai dengan yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang ada.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini