paulus waterpauw
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw ungkap penyebab KKB Gampang serang Freeport (foto: istimewa)

MINEWS, JAKARTA - Setelah pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pada Minggu 20 Oktober 2019 lalu, situasi di sejumlah daerah, terutama Papua dipastikan aman-aman saja dan terkendali.

Hal ini disampaikan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw yang mengatakan, meski tampak aman saat ini, petugas masih tetap bersiaga terutama di daerah yang dianggap rawan.

Paulus menyebut, aparat sengaja disiagakan penuh di sejumlah titik, mengingat potensi gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) masih menghantui. Namun, Paulu menegaskan, saat ini Papua benar-benar aman dan aktivitas masyarakat masih normal.

“Walaupun hingga kini aman, termasuk di Wamena, namun anggota tetap bersiaga,” kata Irjen Paulus, Senin.

Ketika ditanya tentang kondisi Wamena, Kapolda Papua mengatakan, makin kondusif dan aktivitas masyarakat kembali normal. Walaupun demikian masih ada masyarakat yang mengungsi akibat tidak lagi memiliki rumah karena musnah dibakar saat kerusuhan berlangsung.

“Masih sekitar 500-an orang yang mengungsi di sejumlah lokasi termasuk tempat ibadah dan instalasi militer dan menunggu bantuan pembangunan rumah sementara,” ujarnya.