Parah! Rupiah Diramalkan Masih Terus Loyo Hari Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS diramalkan bakal tertahan di zona merah di akhir pekan, 28 November 2019. Kemarin, rupiah terkoreksi di level Rp 14.095 per dolar AS atau turun tipis 0,07 per dolar AS.

Untuk Jumat ini, Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim meramalkan rupiah masih akan melemah di range Rp 14.080 hingga Rp 14.115 per dolar AS.

Ia mengatakan, pelemahan rupiah hari ini masih dibayangi oleh sejumlah sentimen dari luar negeri di antaranya sebagai berikut.

Pertama, soal perjanjian dagang antara AS-Cina. Presiden Donald Trump mengisyaratkan ada harapan antara AS-Cina untuk segera menandatangani kesepakatan untuk menahan 16 bulan mereka. Namun, Trump juga menegaskan kembali dukungannya bagi para pengunjuk rasa di Hong Kong. Hal ini tentu saja akan membuat pemerintah Cina kembali ‘meradang’.

Kedua, soal indeks kepercayaan konsumen AS turun selama empat bulan berturut-turut, di bulan November ini.

Ketiga, pemerintah tengah menantikan rilis data penting dari AS. Malam ini waktu Indonesia, AS Census Bureau akan melaporkan pembacaan kedua angka pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam kuartal III-2019. Pada pembacaan pertama, ekonomi AS tercatat tumbuh 1,9 persen secara kuartalan yang disetahunkan (annualized). Sedikit melambat dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebesar 2 persen.

Sementara dari dalam negeri, pergerakan rupiah dibayangi oleh membaiknya data ekonomi dalam negeri. Namun hal tersebut tidak bisa menahan rupiah kembali ke zona merah.

“Apalagi data eksternal terutama perang dagang fase I masih belum ada kejelasan, walaupun ada statemen dari pejabat AS bahwa perdagangan fase I akan di tandatangani sebelum natal namun pasar masih belum percaya begitu saja,” kata Ibrahim sore ini.

Disisi lain, pergerakan rupiah juga dipengaruhi oleh Bank Indonesia yang terus mengawasi kondisi global yang sampai saat ini masih bergolak. Ada kemungkinan di bulan November atau Desember BI bisa saja menurunkan suku bunga kembali sebesar 25 bps dan terus melakukan intervensi di pasar valas dan obligasi dalam perdagangan DNDF.

“Apa yang dilakukan oleh Bank Indonesia bertujuan untuk menggairahkan pasar domestik yang sempat meredup,” ujar Ibrahim.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini