Pandemi COVID-19, Presiden Minta Jenderal Tiga Matra Disiplinkan Masyarakat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tiga matra TNI diperintahkan tetap membantu mendisiplinkan masyarakat agar menaati protokol kesehatan di masa pandemi virus COVID-19. Sebab dengan disiplin, masyarakat bisa tetap produktif namun aman dari penularan virus tersebut.

Perintah itu langsung disampaikan Presiden Joko Widodo saat berolahraga bersama Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Udara, dan Kepala Staf Angkatan Laut di area Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu pagi, 14 Juni 2020.

“Terus mendisiplinkan masyarakat agar taat pada protokol kesehatan yang berkaitan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan orang banyak. Saya kira itu yang terus-menerus harus kita sampaikan kepada masyarakat,” kata Presiden.

Tak lupa, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada TNI yang turut berperan baik dalam pendisiplinan masyarakat akan protokol kesehatan maupun bantuan evakuasi masyarakat Indonesia di luar negeri saat awal pandemi.

“Saya kira pada bulan Januari dan Februari yang lalu, TNI juga membantu dalam rangka evakuasi masyarakat kita yang ada di Wuhan, di Jepang, dan beberapa evakuasi ABK kita untuk kembali ke Tanah Air. Ini yang tadi pagi saya sampaikan,” katanya.

Mengamini perintah tersebut, para kepala staf TNI menyatakan kesiapannya untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjalankan adaptasi normal baru atau kebiasaan baru di tengah masyarakat.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan, prajurit TNI secara lebih giat akan turut mendisiplinkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan sehingga tetap produktif sekaligus aman dari COVID-19.

“Tentunya TNI Angkatan Laut akan tetap membantu percepatan penanganan COVID-19 ini. Sekarang pada tahap untuk pendisiplinan masyarakat tentunya kita juga akan lebih giat lagi, terutama pasukan-pasukan yang di lapangan untuk membantu pemerintah daerah untuk mendisiplinkan masyarakat,” kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

Senada diungkapkan oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang menyatakan kesiapan angkatan yang dipimpinnya untuk membantu sejumlah hal terkait penanganan COVID-19. Selain pendisiplinan masyarakat, TNI AU juga mendukung pengiriman peralatan kesehatan ke seluruh penjuru Indonesia.

“Untuk TNI Angkatan Udara kami tetap siap untuk mendukung, seperti contohnya kami melaksanakan pengiriman peralatan-peralatan kesehatan ke seluruh pelosok Tanah Air yang di mana ada pangkalan udara dan bandara. Kami juga tetap melaksanakan operasi-operasi udara karena tetap harus menjaga kedaulatan wilayah negara,” ujar Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Sementara itu, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan bahwa Presiden secara khusus meminta angkatan darat bisa meneladani capaian mantan Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie yang baru saja berpulang. Presiden juga mendoakan almarhum dan mengucapkan terima kasih atas seluruh jasanya.

“Presiden secara spesifik menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Mantan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo. Beliau benar-benar mengucapkan terima kasih atas semua jasa-jasa, juga mengucapkan harapan agar keluarga tetap kuat dan angkatan darat bisa meneladani apa yang bisa dicapai Pramono Edhie selama beliau menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” ujar Jenderal TNI Andika Perkasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hasil Sidang Sengketa Pilpres Ditolak MK, Bukti jadi Alasannya tapi Hakim Tak Terapkan Etika Hukum

Mata Indonesia, Yogyakarta - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang putusan sengketa hasil Pemilihan Umum (PHPU) Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024, Senin (22/4/2024), menolak permohonan dari paslon nomor urut 01 dan 03. MK menyatakan bahwa permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD tak memiliki dasar hukum yang cukup.
- Advertisement -

Baca berita yang ini