Pandemi Bukan Halangan, Produk UMKM Surabaya Tembus Pasar Jepang

Baca Juga

MATA INDONESIA, SURABAYA-Komitmen pemerintah Surabaya untuk  meningkatkan daya saing produk-produk UMKM di pasar nasional maupun internasional terus dimaksimalkan.

Salah satu bentuknya melalui kerja sama pemkot dengan toko ritel asal Jepang, Uniqlo.

“Kerja sama pemkot dan Uniqlo sudah berjalan. Jadi, mulai beberapa pekan yang lalu dan sekarang di setiap toko Uniqlo itu pasti ada produk UMKM-nya Kota Surabaya,” ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Eri Cahyadi menyampaikan produk UMKM Surabaya harus bertaraf internasional. Oleh sebab itu, pemkot terus melakukan pendampingan dalam proses kurasi produk UMKM Surabaya agar bisa tembus pasar internasional.

“Hasilnya, alhamdulillah bisa masuk ke Uniqlo. Artinya, produk UMKM Surabaya ada di dalam Uniqlo. Jadi, kita belinya lewat scan barcode, (produk) apa saja kita bisa beli di sana,” katanya.

Menurutnya, produk UMKM Surabay saat ini telah membuktikan dapat bersaing di pangsa pasar internasional dan mendorong masyarakat agar membeli produk-produk UMKM Surabaya yang kualitasnya tidak kalah dengan produk asal luar negeri.

“Ayo kita beli produk UMKM Kota Surabaya. Jadi, uang untuk Surabaya, berputar di Surabaya dan kembali untuk orang Surabaya,” katanya.

Ketika produk UMKM Surabaya bisa tembus ke toko internasional kata Eri, langkah ini bukan hanya terkait urusan pemasaran dalam upaya pemulihan ekonomi. 

Hal ini juga menjadi proses pembelajaran agar UMKM semakin kompeten memahami bagaimana proses bisnis dan berstandar dunia, mulai dari proses kurasi, packaging, branding, kualitas, dan sebagainya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini