Panas Gini, Enaknya Seruput Boba Topping, Tapi Jangan Berlebih Ini Bahayanya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Buat kamu pecinta minuman ringan pasti sudah tidak asing lagi dengan boba. Butiran puding kenyal yang berasal dari tepung tapioca. Minuman ini memang sedang ngehits dikalangan anak muda. Namun, adakah manfaat dari minuman itu bagi kesehatan tubuh?

Ternyata, dibalik rasa manisnya yang menjadi kesukaan banyak orang, boba kerap dianggap sebagai penyebab penyakit parah seperti gagal ginjal dan kanker. Padahal jika dilihat dari bahan-bahan pembuatannya boba terkesan tidak membahayakan.

Boba dibuat dari tepung tapioka (singkong) yang kemudian direndam di dalam sirup atau air gula untuk mendapatkan rasa manis. Boba kerap menjadi topping minuman seperti teh, susu dan minuman buah.

Boba dinilai mengandung zat besi, magnesium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, kandungannya terlalu sedikit yakni kurang dari 1 persen.

Sehingga satu-satunya manfaat yang dimiliki boba adalah untuk meningkatkan energi di dalam tubuh lantaran mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi setelah boba direndam.

Selain itu, kandungan gula yang dimiliki boba dipercaya mampu meningkatkan hormon endorfin ditubuh kita. Jadi kalau kamu sedang stres sangat cocok untuk mengkonsumsi minuman dengan topping boba agar perasaan kamu lebih happy dan tenang.

Namun, seenak apapun makanan ataupun minuman jika dikonsumsi secara berlebihan pasti meninggalkan efek yang buruk bagi tubuh kita.

Seperti boba ini, jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat pencernaan terganggu. Teksturnya yang kenyal akan membuatnya susah dicerna jika terlalu banyak boba yang menumpuk di dalam tubuh.

Salah satunya zat asam meleat yang timbul akibat campuran boba dengan milk tea akan menimbulkan efek kerusakan pada ginjal. Zat tersebut akan bergabung dengan kalsium yang kemudian menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Batu ginjal akan menutupi saluran urine sehingga fungsi ginjal akan terganggu dan kemudian menyebabkan gagal ginjal.

Manfaat boba untuk kesehatan memang sangat kecil namun tidak ada larangan untuk mengonsumsinya. Namun sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsinya demi menjaga kesehatan tubuh kita sendiri. (Hutri Dirga)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini