Pakar: Vaksin Lebih Banyak Beri Keuntungan Daripada Kerugian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAVaksin terbukti ampuh mencegah banyak penyakit sejak 200 tahun lalu. Vaksinasi lebih banyak memberikan keuntungan dibandingkan kerugian yang ditimbulkan setelah vaksinasi.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Dr Ede Surya Darmawan SKM, MDM di Jakarta, Kamis 10 Desember 2020.

Ede juga menerangkan pemerintah Indonesia sudah lama menjalankan program imunisasi dasar lengkap untuk bayi dan anak guna melindunginya dari penyakit.

Menurutnya masyarakat juga memandang program vaksinasi Covid19 sama dengan program imunisasi tersebut. Tujuannya untuk mengurangi risiko jatuh sakit terhadap penderita penyakit tertentu.

Hingga saat ini PT Bio Farma bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran Bandung masih menyelesaikan uji klinis tahap tiga untuk vaksin Sinovac asal China yang akan digunakan di Indonesia.

Ede menyebut masyarakat harus bersabar menunggu penyelesaian uji klinis dan evaluasi terhadap vaksin tersebut.

Menurut Ede, efek samping imunisasi paling banyak demam pascaimunisasi atau menimbulkan ruam. Namun, setelahnya orang tersebut memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dari sebelumnya terhadap suatu penyakit.

Dia juga mengingatkan setelah ada vaksin yang siap digunakan di Indonesia, masyarakat tetap wajib menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona penyebab Covid19.

Dia mengingatkan masyarakat tetap menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini