Pakar: UU Ciptaker Harus Tingkatkan Investasi Tiga Subsektor Perikanan Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Diundangkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) harus mempercepat investasi bidang perikanan untuk segera meningkatkan pendapatan negara dari sektor tersebut. Setidaknya ada tiga subsektor yang harus dapat perhatian.

Hal tersebut diungkapkan pengajar Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor, Yonvitner kepada Mata Indonesia, Rabu 4 November 2020.

“Terutama percepatan izin usaha penangkapan ikan tuna di RFMO dan laut ZEE Indonesia karena potensinya besar,” ujar Yonvitner.

Indonesia telah tercatat sebagai anggota Organisasi Pengelolaan Perikanan Regional atau Regional fisheries management organisations (RFMOs) yang melingkupi perairan Indonesia seperti Indian Ocean Tuna Commission (IOTC), Commission on Conservation of Southern Bluefin Tuna (CCSBT) dan Western and Central Pacific Fisheries Commission (WCPFC).

Artinya, posisi tawar Indonesia menjadi lebih baik dengan menjadi anggota RFMOs tersebut sehingga akan menyokong ekonomi Indonesia lebih baik.

Potensi tuna tangkap Indonesia berkisar 613.575 ton pertahun atau senilai Rp 6,3 triliun per tahun. Sebuah potensi tertinggi di dunia.

Sektor selanjutnya yang harus mendapat perhatian, menurut Yonvitner adalah investasi budidaya udang dan mariculture.

Menurut Yonvitner, sektor-sektor tersebut dapat dijadikan sebagai pengungkit agar sektor perikanan lebih cepat tumbuh dan berkembang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini