Pakar perkebunan Dr.Ir Tungkot Sipayung
Pakar perkebunan Dr.Ir Tungkot Sipayung

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pakar Perkebunan Tungkot Sipayung mendorong pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan dana pensiun untuk para petani sawit. Dimana sebelumnya Kementerian Kelautan dan Perikanan merancang program dana pensiun bagi nelayan.

“Pemerintah sebaiknya memberikan dana pensiun untuk semua, apa pun profesinya. Seperti yang terjadi di negara Barat dan negara maju. Jangankan pensiun, ketika menganggur saja, kita mendapatkan tunjangan dari pemerintah,” kata Tungkot Sipayung kepada Mata Indonesia News.

“Idealnya seperti itu, karena keuangan negara Indonesia yang belum mampu memenuhi hal tersebut, maka dilakukan secara bertahap,” ucapnya.

Tungkot menilai, petani sawit sebenarnya memiliki kehidupan yang baik di masa mendatang, bila menyisihkan pendapatannya.

“Seharusnya begitu (mendapatkan dana pensiun), tetapi sebenarnya bila petani sawit dapat menyisihkan penghasilannya, sebenarnya cukup untuk digunakan di masa pensiun. Apalagi bila para petani memiliki kebun sawit. Mereka tak perlu lagi memikirkan pensiun,” tuturnya.

Sebagai catatan, dalam 1 hektar kebun sawit dapat menghasilkan sekitar 4 ton minyak dengan pendapatan sekitar 100 juta Rupiah. Sementara untuk ekspor, I ton minyak sawit dihargai 900 hingga 1,100 US dollar.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here