Pakar: Partai Ummat Bisa Pengaruhi Perolehan Suara PAN di Pemilu 2024

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejumlah mantan tokoh dari Partai Amanat Nasional (PAN) mengikuti jejak Amien Rais untuk membesarkan nama Partai Ummat. Mereka diantaranya adalah Fauzi Kadir, Buhari Muzakkar, Nazarudin dan Sugeng. Keempat tokoh ini merupakan penggerak dari perwakilan empat provinsi yang masuk dalam jajaran kepengurusan inti Partai Ummat.

Pakat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menegaskan bahwa hal ini memperlihatkan kehadiran Partai Ummat diprediksi bisa memengaruhi perolehan suaran PAN di Pemilu 2024 mendatang.

“Lahirnya Partai Ummat akan berpengaruh terhadap PAN, khususnya perolehan suaran PAN di pemilu legislatif 2024 karena sebagian kader PAN bisa jadi hengkang ke Partai Ummat,” kata Siti Zuhro kepada Mata Indonesia News, Jumat 8 Mei 2021.

Hal ini dinilai tidak lepas dari sosok Amien Rais yang cukup berpengaruh di tubuh PAN. Rekam jejak Amien Rais sejak era reformasi tahun 1998 dinilai bisa menjadi nilai tambah untuk Partai Ummat.

“Pak Amien Rais adalah pendiri PAN dan tokoh fenomenal dalam Gerakan Reformasi 1998. Beliau memiliki pengaruh yang relatif besar,” kata Siti Zuhro.

Ketokohan Amien Rais di Partai Ummat juga diakui oleh salah satu petinggi Partai Ummat yakni Ali Murtadho. Bahkan, sosok Amien Rais dinilai masih kuat hingga ke daerah.

“Beliau dipandang Istiqamah,” kata Ali.

Ia menegaskan bahwa saat ini loyalitas pengurus Partai Ummat di setiap level terus meningkat. Pada pertengahan Mei ini diyakini sudah ada kepengurusan definitif.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini