ilustrasi pengaman demo
ilustrasi pengaman demo

MATA INDONESIA, JAKARTA-Polda Metro Jaya menerjunkan 12 ribu personel gabungan untuk mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa 1310 Omnimbus Law yang diadakan oleh PA 212 di sekitaran Jalan Medan Merdeka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan pengamanan aksi kali ini akan dipusatkan di Monas dan sekitar akses menuju Istana Negara. “Pusatnya di Monas, cadangan kami di DPR RI,” ujarnya.

Belajar dari demonstrasi sebelumnya yang berujung ricuh, Yusri mengatakan Polda Metro Jaya akan lebih siap dalam mengamankan Jakarta. Sentra ekonomi seperti mal juga telah disiapkan pengamanan khusus.

“Kami dari kepolisian bersikap persuasif dan humanis tapi tegas. Siapapun yang akan bertindak kerusuhan, aparat tidak segan-segan menindak tegas,” katanya.

Aksi 1310 menolak Omnibus Law ini diadakan oleh Aliansi Nasional Antikomunis atau ANAK NKRI. Dalam acara yang bertajuk “AKSI 1310 Tolak UU Ciptaker/Cilaka” itu berbagai organisasi Islam ikut terlibat, seperti salah satunya Persatuan Alumni 212.

Selain itu, Yusri pun mengatakan nantinya akan ada sejumlah pengalihan arus lalu lintas khususnya untuk arus lalu lintas akses menuju Istana Negara.

“Di daerah Patung Kuda ya. Mungkin beberapa pengalihan arus di dekat situ,” ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan berbagai rekayasa lalu lintas di sekitaran Monumen Nasional yang diperkirakan menjadi titik massa demo berkumpul.

Berikut skema pengalihan arus lalu lintas yang dipersiapkan:

– Lalu lintas dari arah Utara/ Kota dialihkan ke Simpang Harmoni – Jalan Juanda – Jalan Pos – Jalan Gunung Sahari dan seterusnya.

– Lalu lintas dari arah Selatan/ Blok M dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih – Jalan Fakhrudin – Jalan Cideng Barat – Jalan Suryopranoto/ Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

– Lalu lintas dari arah Barat/ Slipi dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih – Tugu Tani – Kwitang/ Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Medan Merdeka Selatan – Jalan Medan Merdeka Timur dan seterusnya.

– Lalu lintas dari arah Timur/ Pulogadung dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan – Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here