Otsus Mengubah Wajah Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemimpin Adat Kampung Sereh Sentani Kabupaten Jayapura, Yanto Hiyo Eluay mengatakan bahwa otonomi khusus (otsus) mengubah wajah Papua. Sebelum diberlakukannya otsus tahun 2001, katanya, pembangunan di Bumi Cenderawasih jauh tertinggal.

“Kita ketahui bahwa Papua sangat rendah dalam tingkat pembangunan dan kesejahteraan. Faktor dana APBD yang tidak memadai di provinsi, kota, dan kabupaten. Juga PAD yang tidak baik dan SDA yang tidak dikelola. Memang kita sangat terpuruk sebelum ada otsus,” kata Yanto Hiyo Eluay, Selasa, 6 April 2021.

Yanto yang merupakan Ketua Presidium Putra Putri Pejuang Peperap (P5) Provinsi Papua mengambil contoh pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana di wilayah paling timur Indonesia itu. Di mana pembangunan berjalan stagnan karena tidak adanya anggaran.

“Kita harus melihat bahwa pembangunan membutuhkan biaya. Menikmati sarana pendidikan, kesehatan, jalan, membuka suatu keterisolasian daerah, semuanya membutuhkan biaya,” sambungnya.

Yanto yang merupakan putra dari tokoh kharismatik Papua, mendiang Theys H. Eluay ini menambahkan bahwa otsus membawa banyak perubahan di tanah Papua. Pernyataan Yanto sekaligus menepis berbagai tudingan miring tentang otsus yang dikatakan segelintir orang tidak dirasakan manfaatnya.

“Begitu ada Otsus, banyak sekali perubahan, kemajuan di Papua. Sarana dan prasarana, rumah sakit, fasilitas kesehatan, pembangunan jalan, dan sebagainya. Sekarang orang bicara tidak berhasil? Dulu Anda mau bangun jalan, dari mana uangnya?” ucap Yanto.

Yanto kemudian meminta pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan pemerintah terkait dana otsus. Menurutnya, pemerintah harus membentuk lembaga khusus setingkat kementerian untuk mengelola dana otsus di tanah Papua.

“Alangkah baiknya langsung dikelola lembaga setingkat kementerian. Mereka langsung bertemu dengan masyarakat di kampung-kampung. Saya yakin bendera Merah-Putih akan berkibat di seluruh persada Papua, di kampung-kampung khususnya,” tuntasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini