Otsus Bantu Papua Kejar Ketertinggalan dari Daerah Lain

Baca Juga

MATA INDONESIA, NABIRE – Tokoh Masyarakat Biak di Distrik Teluk Kimi, Nabire Rumbino menaruh harapan yang besar bagi kelanjutan kebijakan Otonomi (Otsus) khusus Papua.

“Otsus bisa membantu Papua untuk mengejar ketertinggalan dengan daerah lain di Indonesia,” ujarnya, dikutip Kamis 7 Oktober 2021.

Untuk itu, ia berharap agar kebijakan tersebut perlu dilakukan evaluasi agar ke depan bisa memberikan kesejahteraan untuk masyarakat Papua.

“Pemerintah pusat harus lebih tegas lagi kepada pemerintah daerah tentang penggunaan dana Otsus dan anggaran lainnya, bila perlu dilakukan evaluasi dan pertanggungjawaban dikemanakan dana tersebut selama ini?” katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Tokoh Pemuda Suku Ambai Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen Deni Marani. Ia menegaskan bahwa kebijakan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat untuk masyarakat Papua.

“Tujuannya agar kebijakan Otsus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua khususnya dari segi kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan perekonomian,” ujarnya.

Ia juga berharap lewat Otsus, pembangunan fisik maupun SDM Papua tidak tertinggal dengan Provinsi lain. Untuk itu, ia berharap para generasi muda patut mendukung Otsus untuk kemajuan Papua.

“Kami masyarakat Suku Ambai pastinya mendukung Otsus karena Otsus itu dibutuhkan oleh masyarakat Papua saat ini,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini