Otak Kerusuhan Anarkis Papua dan Papua Barat Ditangkap Polisi

Baca Juga

MINEWS.ID, JAYAPURA – Otak kerusuhan anarkis di Papua dan Papua Barat bulan lalu, dilaporkan berhasil ditangkap polisi. Dia adalah Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Agus Kossay.

Seperti dilansir antara Agus ditangkap pada Selasa 17 September 2019 malam di Kawasan Hawaii Sentani, Jayapura.

KNPB adalah organisasi yang mendukung Papua dan Papua Barat melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Organisasi ini berjuang di dalam negeri dan selalu didampingi Veronica Koman Liu sebagai pengacara.

Agus terpilih menjadi Ketua Umum KNPB Oktober 2018 dalam sebuah kongres yang diselenggarakan di Jayapura.

Sebelumnya, Tim gabungan TNI-Polri berhasil mengamankan Ketua KNPB Wilayah Mimika Steven Itlay.

Menurut Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja Steven dianggap membantu Agus Kosay menciptakan aksi anarkis 29 Agustus 2019 di Jayapura.

Dia dituding memobilisasi massa dari Sentani dan mengirim instruksi dari Agus Kosay kepada seluruh pimpinan KNPB wilayah.

Selain KNPB, gerakan melepaskan Papua dan Papua Barat juga diinisiasi Benny Wenda yang sekarang berada di London. Benny yang bukan lagi sebagai WNI, mengupayakan hal tersebut dari luar negeri.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini