Operator Pelabuhan Patimban Mulai Kerja April 2021
Pelabuhan Patimban (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat akan diresmikan dalam waktu dekat. Meski demikian, operator pengelola pelabuhan baru ini belum tersedia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, operator Pelabuhan Patimban baru akan ditunjuk pada April 2021.

“Operator yang ditunjuk nantinya akan dikawal secara baik oleh panel dan juga dengan pengacara negara dari Kejaksaan,” ujarnya, Kamis 3 Desember 2020.

Untuk mengisi kekosongan sementara, pelabuhan itu akan dikelola oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Patimban.

Budi pun yakin kalau KSOP akan menjalankan tugasnya dengan baik. Ia menjamin pengelolaan pelabuhan didukung oleh profesional, sehingga kualitas operasional Patimban tetap maksimal. Bahkan, bisa dijajarkan dengan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara.

“KSOP didukung oleh para profesional Tanah Air dan dari asing,” katanya.

Ia pun berharap agar para perusahaan otomotif seperti Toyota maupun Daihatsu mau menggunakan Pelabuhan Patimban, meskipun saat ini dikelola oleh KSOP Kelas II Patimban.

Kepala KSOP Kelas II Patimban Anwar pun menambahkan bahwa pihaknya saat ini dibantu oleh beberapa pekerja teknis dari PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), anak usaha PT Pelindo II.

“Intinya kan kita ada bantuan dari yang sudah berpengalaman menangani kargo kendaraan. Jadi kita kolaborasi teknisnya. Lalu mungkin ada support principalnya juga, principal dari pemilik kendaraan,” ujarnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here