Omicron Dikhawatirkan Sudah Masuk Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Varian omicron dikhawatirkan sudah masuk Indonesia. Kekhawatiran ini terungkap dari Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama. Menurutnya, ia merujuk temuan kasus varian baru SARS-CoV-2 itu justru menjangkiti orang yang tidak ada riwayat perjalanan ke Afrika Selatan.

Prof Tjandra mengamati ada 390 kasus omicron dari 31 negara, termasuk Hong Kong, Korea Selatan, India, dan Singapura hingga 2 Desember 2021. Dari laporan sejumlah negara ditemukan penularan omicron bukan hanya terjadi pada mereka yang usai bepergian dari Afrika.
”Melihat laporan beberapa negara, kasus dari penerbangan sudah mulai sejak beberapa pekan yang lalu, maka akan amat baik kalau di kita juga dilakukan pemeriksaan sekitar dua pekan ke belakang,” kata Prof Tjandra, Jumat 3 Desember 2021.
Ia meminta pemerintah memperhatikan laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Eropa. Laporan ini memperlihatkan mulai adanya kasus di Belgia, Jerman, dan Inggris. Ternyata tidak ada riwayat perjalanan ke Afrika sama sekali. Bahkan, para penderita infeksi varian omicron ini tidak ada riwayat kontak dengan kasus yang melakukan perjalanan.
”Ini yang tentu perlu dianalisis selanjutnya, untuk menjelaskan tentang kasus impor dan penularan di masyarakat (community transmission),” ujar Prof Tjandra.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini