OMG, Guncangan Gempa Pangandaran Sampai ke Jawa Timur

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Gempa bumi tektonik yang berpusat di Pangandaran Sabtu 18 Mei 2019 pukul 08.51 WIB, ternyata mengguncang selatan Pulau Jawa yang bisa dirasakan hingga Jawa Timur.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi berkedalaman dangkal ini akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono di Jakarta, Sabtu 18 Mei 2019.

Episenter (pusat) gempa terletak di laut pada jarak 212 kilometer arah selatan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dan pada kedalaman 33 kilometer.

Gempa yang menurut Taryono merupakan gerakan jenis sesar turun itu tidak mengakibatkan gelombang pasang tsunami.

Guncangan gempa tersebut dilaporkan tidak hanya dirasakan di daerah Pangandaran. Tetapi juga hingga ke Tasikmalaya (Jawa Barat), Cilacap, Banyumas (Jawa Tengah), Karangkates, Blitar, Tulungagung dan Kediri (Jawa Timur).

Di daerah itu guncangan gempa dirasakan pada skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity).

Sedangkan di Banjarnegara, Kebumen (Jateng), Bantul (Yogyakarta) dan Solo (Jateng) pada skala II MMI. Kedua skala itu menandakan gempa di daerah tersebut hanya mengakibatkan goyangan benda-benda yang digantung, tanpa menyebabkan kerusakan.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini