Om Amien, Ini Loh Jenis Gedoruwo dan Jin yang Wajib Diketahui

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pernyataan Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional kandidat presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno, Amien Rais, yang menyebut Hotel Borobudur Jakarta penuh dengan jin, genderuwo dan hacker, terus menuai polemik.

Sampai-sampai hotel Borobudur Jakarta menolak pernyataan tidak mendasar dan tidak dapat dibuktikan tersebut. Pasalnya, hotel tersebut telah dipercaya dalam melayani publik serta tamu-tamu lokal dan mancanegara selama 45 tahun sejak 1974. Salah satunya menjadi official hotel dari perhelatan event internasional, seperti Java Jazz Festival dan Asian Games 2018.

“Kami menyediakan fasilitas lengkap dan pelayanan yang disertai kearifan lokal, sehingga beragam hal yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan para tamu sangat kami hindari,” ujar Hotel Borobudur dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Rabu 27 Maret 2019.

Namun, mengenai keberadaan jin dan genderuwo, apakah benar ada dan berwujud seperti dikatakan Amien Rais. Untuk itu, mari kita bahas mengenai jenis jin dan genderuwo yang hidup di dunia ini, seperti apa mereka?

Genderuwo

Genderuwo adalah makhluk mitologi masyarakat lokal Nusantara. Ada banyak deskripsi mengenai makhluk ini yang diceritakan dari mulut ke mulut. Antropolog asal Amerika Serikat Clifford Geertz mengklasifikasikan makhluk halus di Indonesia dalam lima jenis, yakni memedi, lelembut, tuyul, demit, serta danyang.

Memedi disebut Geertz adalah sejenis makhluk yang secara harfiah berarti tukang menakut-nakuti. Sedangkan lelembut adalah makhluk yang bisa membuat seseorang jadi gila dan tuyul disebut sebagai makhluk halus anak-anak.

Demit digambarkan sebagai makhluk halus yang menghuni suatu tempat. Sedangkan danyang kurang-lebih seperti demit, tapi lebih diidentikkan dengan tokoh atau leluhur yang sudah meninggal dan bertugas melindungi.

Genderuwo termasuk golongan memedi atau yang tugasnya menakut-nakuti. Genderuwo adalah jenis memedi laki-laki, sedangkan untuk yang perempuan disebut ‘wewe’.

“Genderuwo, jenis memedi paling umum, pada umumnya lebih senang bermain-main daripada menyakiti dan suka mengerjai manusia, seperti menepuk pantat perempuan, memindahkan pakaian seseorang dari rumah dan melemparkannya ke kali, melempari atap rumah dengan batu sepanjang malam, melompat dari belakang sebatang pohon di kuburan dengan wujud besar serta hitam dan sebagainya,” kata Geertz.

Jenis Jin

Bangsa jin terbagi ke dalam beberapa golongan. Apa saja golongan-golongan jin tersebut? Berikut rinciannya:

1. Al Jan

Golongan jin yang pertama adalah al jan. Golongan ini merupakan golongan jin yang mempunyai berbagai kebutuhan layaknya manusia. Seperti ada jin laki-laki dan perempuan, ada jin muslim dan jin kafir, ada jin yang butuh makan, minum, tidur dan lain sebagainya sebagaimana yang dibutuhkan oleh manusia.

2. Al A’mir

Jin yang masuk ke dalam golongan ini adalah jin yang selalu berupaya meniru kebiasaan atau perbuatan manusia dengan tujuan untuk menakut-nakuti manusia.

3. Al Ifrit

Al Ifrit adalah golongan jin yang sering membantu manusia. Namun dalam hal ini Al Ifrit terbagi dua yaitu ifrit yang muslim dan baik yang biasanya membantu manusia muslim dan baik juga, dan ifrit yang kafir dan jahat yang biasanya membantu para dukun atau tukang sihir.

4. Al Arwah

Jin yang masuk ke dalam golongan Al Arwah adalah jin yang suka mengganggu dan menggoda manusia untuk selalu berbuat jahat dan maksiat.

5. Asy Syaiton

Jin jenis ini adalah golongan jin yang selalu menggoda keimanan, dan jiwa manusia agar berpaling dari jalan Allah yang lurus dan selalu membisikkan kekafiran dan keraguan ke dalam hati dan jiwa manusia.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini