Oktober Basah, Hujan Deras Disertai Petir akan Turun di Sejumlah Wilayah

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Dalam tiga hari ini, mulai 1 Oktober 2019 kemarin hingga 3 Oktober besok, BMKG memperingatkan adanya potensi hujan deras disertai angin dan kilat di sejumlah wilayah Indonesia.

Tentu saja ini kabar baik. Indonesia tengah di landa kemarau yang mengakibatkan sejumlah daerah kekeringan. Belum lagi, tragedi yang parah terjadi, yakni kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

Disampaikan Kabag Humas BMKG Akhmad Taufan, untuk tanggal 2 Oktober 2019 hari ini, sejumlah wilayah yang diprediksi bakal hujan deras adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Maluku.

Sedangkan untuk besok 3 Oktober 2019, wilayah yang diguyur hujan adalah Sumatera Barat, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

Sejumlah wilayah Indonesia berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat seperti Aceh, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua, Sumatera Utara, dan Riau.

Akhmad menjelaskan fenomena itu terjadi karena terdapat sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik Timur Philipina (level 925/700) dan Australia bagian Utara (level 925/900).

Low level jet dengan kecepatan angin dapat mencapai >25 kt berpotensi terjadi di Laut Arafuru. Konvergensi memanjang di utara Kalimantan,” kata Akhmad dalam keterangan resminya, Selasa 1 Oktober 2019.

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini