Obat yang Tentukan Kesehatan Trump dari Covid19 Bersifat Steroid

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Obat yang menentukan kesehatan Donald Trump setelah terinfeksi Covid19 adalah deksametason yang disebut sebagai steroid dan diberikan saat Presiden Amerika Serikat (AS) itu mengalami sesak karena kadar oksigen dalam darahnya hanya 93 persen.

Turunnya kadar oksigen tersebut, menurut dokter kepresidenan, Dr Sean Conley, terjadi pada, Sabtu 3 Oktober 2020.

Sekarang tingkat oksigen di dalam darah Trump sudah mencapai 98 persen. Tingkat oksigen dalam darah atau saturasi oksigen darah adalah penanda kesehatan utama bagi pasien virus corona.

Pembacaan normal adalah antara 95 dan 100. Jika terjadi penurunan hingga di bawah 90 maka hal itu merupakan kondisi yang mengkhawatirkan.

Dr. Brian Garibaldi, seorang spesialis perawatan kritis paru, mengatakan Trump menerima dosis kedua dari obat percobaan remdesivir bersama dengan dosis pertama deksametason Sabtu dan tidak menunjukkan efek samping apa pun “yang dapat kami katakan.”

Garibaldi membenarkan pertama kali obat yang dikonsumsi Trump adalah dexamethasone untuk memulihkan tingkat oksigen dalam darahnya.

Deksametason dan steroid sekarang diketahui meningkatkan kelangsungan hidup bila digunakan pada pasien rawat inap yang membutuhkan oksigen ekstra, tetapi mungkin berbahaya bagi pasien yang kurang sakit.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan deksametason tidak direkomendasikan untuk kasus yang tidak parah; pedoman National Institutes of Health hanya merekomendasikan deksametason untuk pasien dengan Covid19 yang menggunakan ventilator atau menerima oksigen tambahan.

Pedoman pengobatan Covid19 Institut Kesehatan Nasional merekomendasikan agar tidak menggunakan deksametason pada pasien yang tidak membutuhkan oksigen. Ini hanya terbukti membantu dalam kasus yang lebih serius. Di antara kekhawatiran dengan penggunaan sebelumnya adalah bahwa steroid merusak sel kekebalan tertentu, menghambat kemampuan tubuh sendiri untuk melawan infeksi.

Trump berusia 74 tahun dan secara klinis mengalami obesitas, membuatnya berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini