Obama: Teori Konspirasi Gila Membuat Warga AS Terpecah

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Presiden Amerika Serikat ke-44, Barrack Obama khawatir dengan perpecahan yang tengah dialami warga AS akibat maraknya berita hoax alias palsu, terutama seputar Pemilihan Presiden 3 November lalu.

Menurutnya media sosial memainkan peranan peranan penting dalam mempublikasikan apa yang Obama sebut sebagai “teori konspirasi gila.” Ia mengatakan, Paman Sam tengah menghadapi tugas besar.

Dalam wawancara dengan BBC, Obama menilai perpecahan di AS lebih tajam daripada empat tahun lalu –ketika Donald Trump memenangkan kursi kepresidenan. Dan Obama berhadap, kemenangan Joe Biden pada Pemilihan Presiden AS menjadi awal yang baik untuk memperbaiki perpecahan tersebut.

“Butuh lebih dari satu pemilihan untuk membalikkan tren tersebut,” kata Obama, melansir BBC, Senin, 16 November 2020.

Kemarahan dan kebencian antara pedesaan dan perkotaan, imigrasi, rasa ketidakadilan seperti ketidaksetaraan dan “teori konspirasi gila –apa yang disebut beberapa orang sebagai pembusukan kebenaran,” telah diperkuat oleh sejumlah media di AS dan didukung oleh media sosial.

“Kami sangat terpecah saat ini, tentu lebih dari kami saat pertama kali mencalonkan diri tahun 2007 dan memenangkan kursi presiden pada 2008,” sambung Obama yang merupakan presiden pertama kulit hitam di Amerika Serikat.

Obama mengatakan, hal ini juga disebabkan karena gaya Trump yang menyukai “perpecahan, karena itu baik untuk politiknya.”  Hal lain yang sangat berkontribusi pada masalah ini, kata Obama, adalah penyebaran informasi yang salah secara online.

“Ada jutaan orang yang menganut gagasan bahwa Joe Biden merupakan seorang sosialis, yang menganut gagasan bahwa Hillary Clinton adalah bagian dari komplotan rahasia jahat yang terlibat dalam lingkaran pedofil,” lanjutnya.

Ia menambahkan perpecahan juga merupakan hasil dari faktor sosial dan ekonomi, seperti meningkatnya ketimpangan dan disparitas antara pedesaan dan perkotaan di AS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini