Nuding Jokowi Bakal 3 Periode, Pengamat: Amien Rais Mau Curi Panggung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tudingan bahwa akan ada amandemen UUD 1945 untuk memuluskan langkah Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode, dinilai hanya cara Amien Rais untuk merebut panggung politik jelang pemilu 2024.

“Amien Rais ini hanya ingin mencuri panggung terakhir ya. Ketika kontestasi 2024 sebentar lagi, dia tidak mau ketinggalan sebagai tokoh reformasi,” kata pengamat politik dari Magnum Opus Research and Political Consulting Iman Soleh kepada Mata Indonesia News, Kamis 18 Maret 2021.

Menurut Iman, politikus senior pendiri Partai Umat itu, di usianya yang sudah menginjak lebih 70 tahun, tidak ingin ketinggalan kereta.

Amien bersikap demikian karena generasi politik yang seusia dengannya sudah turun panggung, sementara dirinya belum mendapatkan apapun.

Benar Amien pernah menjabat sebagai Ketua MPR RI, namun bagi Iman, ia tak meninggalkan warisan apapun yang dirasakan oleh masyarakat.

“Sekarang dia ribut-ribut soal masa jabatan presiden, toh pada masa dia menjadi Ketua MPR amandemen itu dilakukan. Sehingga seharusnya, legacy yang dia tinggalkan tentang amandemen harus dipelihara dengan baik, bukan justru membuat pernyataan provokatif yang pada akhirnya juga, beliau tidak akan mendapatkan apa-apa,” ujar Iman.

Lebih lanjut, Iman menyayangkan sikap Amien yang kerap melontarkan kritik-kritik menyerang pemerintah, yang justru membuat dirinya tidak disukai oleh publik.

Dalam amatan Iman, andai saja sejak awal Amien Rais bisa berbicara bijak, dan masuk dalam kontestasi demokrasi yang benar, bisa saja dia turun panggung yang disoraki oleh publik.

Sebelumnya diberitakan, politikus senior Amien Rais menuding bahwa akan ada agenda atau skenario mengubah ketentuan dalam UUD 1945 terkait masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Amien mengatakan, skenario itu akan berlangsung dengan cara menggelar Sidang Istimewa MPR untuk mengamandemen konstitusi negara.

Namun, apa yang disampaikan Amien itu kemudian dibantah dengan tegas oleh Presiden Jokowi, yang mengatakan sama sekali tidak ada niat untuk maju di periode ketiga.

“Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak juga berminat menjadi presiden tiga periode,” kata Jokowi, seperti dikutip dari tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin 15 Maret 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini