Normalisasi Hubungan Maroko – Israel Akan Menciptakan Perdamaian dan Stabilitas Regional

Baca Juga

MATA INDONESIA, INDONESIA – Utusan Israel tiba di Maroko pada Selasa (22/12), untuk bertemu Raja Mohammed VI dan menyempurnakan normalisasi hubungan yang ditengahi oleh Amerika Serikat.

Dipimpin oleh Penasihat Keamanan Nasional Meir Ben-Shabbat, delegasi Israel didampingi oleh Penasihat Gedung Putih, Jared Kushner yang juge merupakan menantu Presiden Donald Trump.

Maroko mengikuti Uni Emirat Arab, Bahrain, dan  Sudan lebih dulu menyetujui normalisasi hubungan dengan Israel. Keputusan Rabat sendiri menuai pro dan kontra, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dari dalam negeri misalnya, Partai-partai politik utama Maroko menyambut baik keputusan pemerintah, tapi tidak dengan kelompok-kelompok sayap kiri dan Islamis. Sementara dari luar negeri, warga Palestina khususnya, secara terang-terangan mengecam kesepakatan tersebut.

Warga Palestina melihat sikap dan keputusan Maroko sebagai suatu bentuk penghianatan. Akan tetapi, Maroko abai dengan berbagai kecaman dunia, mengingat mereka resmi mendapatkan Sahara Barat sebagai kompensasi yang diberikan AS.

“Kesepakatan yang ditengahi AS merupakan suatu kemajuan besar yang mendukung perdamaian dan stabilitas regional,” demikian pernyataan resmi Istana Kerajaan Maroko, setelah pembicaraan antara Raja Mohammed VI, Ben-Shabbat, dan Kushner melansir Reuters, Rabu, 23 Desember 2020.

Pejabat Maroko dan Israel juga menandatangani kesepakatan untuk menghubungkan sistem penerbangan dan keuangan, keringanan visa bagi pemegang paspor diplomatik, serta pengelolaan air.

“Tidak ada batasan untuk kerjasama … dalam penerbangan, inovasi, kesehatan, dan pertanian. Sebagai teman dan mitra, kami akan membuat perubahan di kawasan ini,” kata Penasihat Keamanan Nasional Meir Ben-Shabbat yang berbicara dalam bahasa Arab Maroko.

Israel dan Maroko kini berencana membuka kembali kantor penghubung di dua negara dalam dua pekan ke depan. Selain itu, kedua negara berniat meluncurkan penerbangan komersial langsung, hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Maroko, Nasser Bourita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini