KRI Tjiptadi usir kapal Coast Guard China (Foto: Istimewa)
KRI Tjiptadi usir kapal Coast Guard China (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rasa nasionalisme warganet Indonesia ikut tergugah saat mengetahui klaim Cina atas Perairan Natuna. Mereka pun langsung mendukung langkah pemerintah dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk memperkuat pengamanan wilayah NKRI tersebut.

Salah satu dukungan yang dimaksud seperti usulan menambah peralatan TNI oleh warganet @JumardinLubis dengan me-mention akun Twitter Pusat Penerangan TNI, @Puspen_TNI pada Minggu 5 Januari 2020.

“Untuk memperkuat diplomasi terkadang butuh unjuk kekuatan militer dan ini langkah baik dalam situasi sekarang ini, meski di lapangan bisa saja terjadi perang, tapi langkah ini diambil karena pemerintah Cina tidak merespon positif nota protes Kemenlu,” tulis Jumardin.

Sementara akun @ABimoSaputro mendorong pemerintah menambah kapal perang TNI untuk mengantisipasi persoalan ini. “Sudah saatnya kita beli kapal perang yang besar,” cuit Bimo.

Ia meyakini dengan kapal perang besar anyar, Cina akan berpikir ulang untuk masuk ke Tanah Air. Sebelumnya, @Puspen_TNI mencuitkan soal langkah TNI melakukan operasi di Natuna. Dalam cuitan tersebut dituliskan bahwa Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I memimpin apel gelar pasukan pengamanan Laut Natuna pada, Sabtu, 4 Januari 2020.

“Telah didelegasikan tugas dan wewenang kepada Pangkogabwilhan I untuk gelar operasi menjaga wilayah kedaulatan Indonesia dari pelanggar negara asing. Operasi ini dilaksanakan TNI dari unsur laut, udara, dan darat,” tulis Puspen TNI.

Ada juga @Anam08S yang mendesak agar pemerintah dalam hal ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersikap tegas. “Walau Negara sahabat namun Harus menjaga Teritorial NKRI . Walau Negara Sahabat hrs menghormati. Bila salah minta maaf serta jangan melanggar teritorial. Kita perlu Ketegasan dr Bpk Prabowo selaku Men Han #NKRIHargaMati .”