Nih Tips Aman Mengakses Internet Selama Nataru Ala Kapersky

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Natal dan Tahun Baru (Nataru) adalah momen liburan yang paling ditunggu. Nah, biasanya untuk mengisi waktu luang, sudah tentu banyak orang bakal jor-joran mengakses internet baik lewat Wifi maupun data seluler. Entah untuk belanja online maupun untuk mengakses informasi.
Nah, biar kegiatan berselancarmu di dunia maya lancar jaya, perhatikan beberapa tips yang dari Kaspersky berikut ini.

1. Gunakan Solusi gabungan dari Produk Keamanan

Produk keamanan dan langkah-langkah praktis dapat meminimalkan ancaman dan menjaga data online Anda tetap aman. Solusi keamanan dapat memberi perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman.

2. Waspada Serangan Siber Lewat e-mail

Selalu waspada akan e-mail yang mencurigakan. Jika terlihat sangat mencurigakan, selalu lakukan pemeriksaan, pemeriksaan kedua, dan pemeriksaan ulang. Jika e-mail dianggap berasal dari bank Anda, segera hubungi bank yang bersangkutan untuk melakukan verifikasi. Secara historis, bank tidak akan pernah meminta detail Anda seperti kata sandi. Bank biasanya akan meminta pembaruan detail pribadi secara langsung dengan mengisi formulir di cabang mereka.

3. Batasi Izin Akses Informasi Daring

Jagalah privasi online Anda dengan serius. Hanya bagikan atau izinkan akses ke informasi Anda dengan pihak ketiga jika benar-benar diperlukan, untuk meminimalkan informasi yang jatuh ke tangan yang salah.

Sementara saran dari Kaspersky untuk sektor perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Solusi & Layanan Keamanan Digital

Lindungi sistem Anda selama musim liburan dengan kombinasi solusi dan layanan yang mencakup empat tahap serangan. Empat tahap serangan tersebut terdiri dari memprediksi, mencegah, mendeteksi, dan memberikan respon.

2. Edukasi Karyawan Soal Perlindungan Data Pribadi

Mendorong karyawan untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah sederhana dalam melindungi data pribadi. Tekankan pentingnya enkripsi data, otentikasi dua faktor, dan kata sandi yang kuat, serta diskusikan apa yang perlu dilakukan jika suatu saat perangkat dicuri.

3. Edukasi Soal Bahaya menggunakan Wifi Publik

Mengedukasi karyawan tentang bahaya menggunakan Wifii publik dan cara membuatnya lebih aman, misalnya, dengan menggunakan VPN.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini