Suasana Gereja
Ilustrasi suasana Gereja Katedral pada Misa Malam Natal 2019. (Foto: MINEWS/Ilham Dewansyah P)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perayaan Natal di Gereja Katedral Jakarta pada Rabu 24-25 Desember 2019 berlangsung aman dan damai. Kondisi itu tak lepas dari peran sebanyak 480 personel gabungan dari TNI, Polri, Pemda, Satpol PP, dan partisipasi masyarakat.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Eliantoro pun membeberkan strategi pengamanan malam Natal tersebut. Kata dia, personel gabungan sudah melakukan pengamanan yang sudah dilakukan sejak 24 Desember 2019.

“Tidak hanya dari jajaran polisi, namun juga ada teman-teman yang mengatur lalu lintas untuk membantu mengurai kemacetan yang terjadi di sekitar Gereja Katedral ini,” kata Eliantoro saat ditemui MINEWS di Jakarta, Rabu 25 Desember 2019

Menurut dia, pengamanan tersebut dibagi menjadi 10 titik yang berada di dekat gereja Katedral. Salah satunya di pintu masuk dan keluar gereja.

Sementara titik selanjutnya yakni di dalam kantor pos, di dalam dan belakang SD Santa Ursula, dan di depan kantor pos. Pengamanan tempat parkir bertujuan mengantisispasi kejahatan lain yang terjadi, seperti pencurian.

Pengamanan dilakukan selama 24 jam, dengan adanya pergantian personil. Pengamanan berhenti setelah misa Natal selesai yakni Rabu, pukul 17.00 WIB.

Eliantoro menambahkan, jumlah personel tersebut ditugaskan untuk mengamankan 4000 hingga 5000 jemaat yang datang ke Gereja Katedral pada Selasa malam, 24 Desember dan 1000 jemaat untuk tanggal 25 Desember 2019.(Mila Arinda)