Starship Elon Musk yang bakal membawa manusia ke Mars
Starship Elon Musk yang bakal membawa manusia ke Mars

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rencana Elon Musk membawa 1 juta orang ke Mars pada 2050 cukup menarik perhatian warganet di Twitter. Bahkan untuk merealisasikan ambisinya tersebut, CEO SpaceX ini akan membangun 1.000 unit Starship.

Mengutip Business Insider, Minggu 19 Januari 2020, Starship yang merupakan roket daur ulang itu nantinya diperuntukkan membawa manusia dan pasokan logistik ke Mars. Setelah infrastruktur siap, sekitar tiga armada Starship akan diluncurkan per hari ke Planet Merah.

Menariknya, perjalanan ini juga dibuka untuk siapa saja. “Harus begitu sehingga siapa pun dapat pergi jika mereka mau, dengan pinjaman (dana) tersedia bagi mereka yang tidak punya uang,” tulis Musk, lewat akun Twitter-nya @elonmusk.

Lalu berapa kapasitas muatan 1 roket Starship? Dirancang dengan sistem peluncuran paling kuat yang pernah ada, 1 unit Starship ini mampu memuat beban lebih dari 100 ton, setara dengan tujuh bus sekolah penuh penumpang.

Tak cuma itu, di saat yang bersamaan Starship masih bisa mengangkut 100 orang sekaligus. Secara keseluruhan, 1.000 Starship secara hipotesis dapat mengangkut 100 megaton barang ke Mars.

Starship Elon Musk yang bakal membawa manusia ke Mars
Starship Elon Musk yang bakal membawa manusia ke Mars

Musk menambahkan sebagai volume maksimal yang bisa dimuat per tahun. Jika setiap pesawat membawa 100 penumpang, akan ada total migrasi sekitar 100.000 orang tiap tahunnya.

“Megaton per tahun untuk mengorbit diperlukan agar kehidupan menjadi multiplanet,” ujar Musk.

Sayangnya Musk tidak merincikan apa saja yang perlu dibawa ke Mars. Namun, ia memproyeksikan akan ada banyak pasokan makanan, air, bahan bangunan, peralatan, dan sistem pendukung kehidupan berteknologi maju.

Kelengkapan logistik tersebut sebagai pendukung cita-cita Musk membangun permukiman permanen di Mars. Elon Musk mengatakan, purwarupa atau prototipe Starship yang baru bakal diluncurkan sekitar Maret 2020.

Pembangunan prototipe sempat tertunda setelah insiden ledakan prototipe Starship yang pertama pada November 2019. Ledakan terjadi saat uji coba tekanan tangki bahan bakar.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here