Ngeri, Sepekan 8 Gempa Guncang Wilayah Sumatra Barat

Baca Juga

MATA INDONESIA, SUMBAR – BMKG Padang Panjang mencatat, dalam sepekan terakhir, yakni sejak 4 Juni hingga 11 Juni 2020, sudah delapan kali gempa mengguncang wilayah Sumatra Barat dan sekitarnya.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri mengatakan pada Jumat 12 Juni 2020, dari delapan gempa itu, ada satu yang paling dirasakan masyarakat, yakni tanggal 10 Juni 2020 di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Gempa tersebut memiliki kedalaman 24 kilometer dan berkekuatan 5.7 magnitudo yang berada di 28 kilometer Barat Daya, Mukomuko, Bengkulu.

Ia menyebutkan gempa bumi tersebut dirasakan hingga ke daerah Pesisir Selatan, Kota Padang, Kerinci, Lubuk Basung, Padang Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Kepahiyang, Kota Bengkulu, Dhamasraya, Payakumbuh, dan Tanah Datar II MMI.

Selain itu, Mamuri merinci bahwa dari seluruh gempa yang terjadi di Sumbar dalam sepekan belakangan, ada yang kekuatannya di atas Magnitudo 2 sebanyak empat kali, di atas Magnitudo 3 sebanyak tiga kali, dan di atas Magnitudo 5 sebanyak satu kali.

“Kemudian dari delapan kejadian gempa bumi tersebut terdapat satu kejadian gempa bumi dengan kedalaman menengah dan tujuh lainnya merupakan gempa bumi dangkal,” katanya.

Kemudian, Mamuri mengatakan, dari delapan kejadian gempa tersebut terdapat empat kali kejadian gempa yang berlokasi di Sumatera Barat, tiga kali di Bengkulu, dan satu kali di Sumatera Utara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini