ilustrasi hukuman mati
Ilustrasi gantung diri

MINEWS, SUMUT – Setelah sempat dinyatakan menghilang selama 5 hari, Ketua KPPS di TPS 3 Desa Parbubu 1, Tapanuli Utara, Sumut ditemukan dalam kondisi tubuh telah membusuk di hutan.

Polisi setempat pun menyatakan ketua KPPS bernama Luhut itu tewas karena bunuh diri. Ia ditemukan di tengah hutan Tombak Sirambe, 500 meter dari Desa Parbubu 1.

Menurut Kasubbid Penerangan Masyarakat (Penmas) Bidang Humas Polda Sumut MP Nainggolan, jasad Luhut ditemukan oleh personel kepolisian dan warga setempat yang selama beberapa hari mencari keberadaan dirinya.

“Warga cium bau busuk dan jejak sandal. Diikuti jejak itu, lalu didapati mayat sudah busuk,” kata Nainggolan, Minggu 12 Mei 2019.

Nainggolan menjelaskan, saat ditemukan jasad Luhut dalam posisi tengkurap miring, lehernya terikat baju yang tersambung dengan tali terikat ke pohon.

Sementara menurut keterangan istri Luhut, Namaida Br Situmorang suaminya sebelumnya pamit ke luar rumah, pada Senin 6 Mei 2019 lalu. Setelah itu, ia tak pernah kembali lagi ke rumah.

Sempat dicari ke beberapa lokasi, bahkan ke rumah keluarganya, namun Luhut tak ditemukan. Sebelumnya, Namaida mengaku Luhut pernah mengeluh masalah kesulitan keuangan dalam keluarganya.

“Kemungkinan masalah perekonomian. Ia bunuh diri, tak ada hubungannya dengan pemilu,” ujar Nainggolan.