Ngeri, Korea Utara Selidiki Pemuda yang Hindari ‘Kerja Paksa’

Baca Juga

MATA INDONESIA, PYONGYANG – Pemerintah Korea Utara meluncurkan penyelidikan terhadap pemuda yang menghindari kampanye kerja paksa yang mereka sebut sukarela. Sebagaimana diketahui, Pyongyang mengirim ribuan pemuda guna melakukan kerja paksa di area pertambangan batu bara dan pertanian pedesaan.

Korea Utara, yang secara rutin memaksa warganya untuk menyediakan tenaga kerja manual gratis untuk berbagai proyek pemerintah, pekerjaan pertanian, dan industri – melabeli para buruh sebagai sukarelawan yang rela bekerja keras sebagai ungkapan cinta mereka kepada negara dan para pemimpinnya.

Tenaga kerja gratis diperlukan bagi pemerintah negara yang kekurangan uang dengan masalah ekonomi serius akibat penangguhan perdagangan yang berkepanjangan dengan Cina karena epidemi virus corona, sanksi ekonomi AS, dan PBB selama bertahun-tahun atas program nuklir dan rudal Pyongyang.

Sebuah sumber mengatakan bahwa penyelidikan hanya berlaku untuk pejabat lokal di tingkat provinsi atau di bawahnya.

“Pihak berwenang memulai penyelidikan terhadap kecenderungan anti-sosialis dalam keluarga pejabat lokal… di sini di Sinuiju sejak hari setelah Hari Pemuda (Agustus. 28),” kata seorang penduduk Pyongan Utara, melansir RFA.

Menurut sumber itu, pada awal Agustus pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memerintahkan para pemuda negara itu untuk menjadi sukarelawan untuk pekerjaan yang berbahaya dan sulit di tempat-tempat seperti tambang batu bara dan pertanian pedesaan.

“Tetapi dilaporkan kepada komite pusat bahwa hanya orang biasa tanpa latar belakang kuat yang dipaksa oleh pihak berwenang untuk menjadi sukarelawan, sementara tidak ada anak pejabat tinggi yang mengajukan diri,” kata sumber yang enggan menyebutkan namanya agar berbicara dengan bebas.

“Terlepas dari seruan partai kepada kaum muda untuk memimpin dan menjadi pahlawan muda dengan membangun negara sosialis yang kuat, bahkan ketika negara itu dikotak-kotakkan oleh sanksi ekonomi AS, fakta bahwa anak-anak pejabat tidak menanggapi panggilan itu dipandang sebagai kegagalan serius karena mereka dengan sengaja mengabaikan kebijakan partai dengan memanfaatkan posisi mereka,” sambungnya.

Pihak berwenang sekarang memperlakukan penyelidikan mereka terhadap kaum muda istimewa sebagai perjuangan melawan anti-sosialisme, menurut sumber itu, memberikan perhatian khusus pada setiap kecenderungan anti-sosialis yang mereka temukan.

Sumber lain, seorang penduduk provinsi Pyongan Selatan, utara ibukota Pyongyang, mengkonfirmasi kepada RFA bahwa pihak berwenang di sana sedang menyelidiki masalah yang sama.

“Ratusan anak muda yang dipilih secara paksa oleh partai dan organisasi Liga Pemuda telah dikirim ke Tambang Batubara Sunchon dan pertanian pedesaan di provinsi Pyongan Selatan sejak awal Agustus … tetapi tidak ada anak pejabat tinggi di antara mereka,” kata sumber kedua.

RFA melaporkan pada akhir Agustus bahwa Liga Pemuda di Hamgyong Utara memilih 140 orang muda untuk menyediakan tenaga kerja gratis di tambang batu bara dan pertanian pedesaan menjelang Hari Pemuda.

Mereka yang terpilih menentang dikirim untuk bekerja di bawah program, di mana pemuda dari keluarga kaya dan terhubung tidak dipilih memicu kemarahan di antara warga.

Organisasi Liga Pemuda Korea Utara mencakup semua orang berusia 17 hingga 35 tahun, termasuk pekerja pabrik, siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, dan orang muda lainnya yang tidak bertugas di militer.

RFA telah melaporkan skema kerja paksa Korea Utara lainnya tahun ini termasuk memobilisasi perempuan untuk pembangunan tembok sepanjang 880 mil perbatasan Cina-Korea, memaksa siswa untuk mengangkut kerikil untuk proyek konstruksi dan pemeliharaan gedung sekolah, serta mengirim tentara untuk bekerja keras di tambang segera setelah dikeluarkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini