Ngeri! Kebocoran Minyak Mentah Pertamina ‘Serang’ Pulau Seribu

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Upaya Pertamina mencegah kebocoran kilang di Laut Jawa tidak maksimal karena minyak mentah milik Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) sudah mencemari Kepulauan Seribu, Jakarta.

Tumpahan tersebut tiba di gugusan kepulauan utara Jakarta tersebut dikabarkan sudah sejak Kamis 25 Juli 2019.

“Sudah. Sudah sampai sini (Kepulauan Seribu) sejak Kamis kemarin,” kata Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad, Rabu 31 Juli 2019.

Beberapa pulau di gugusan itu yang terdampak antara lain Pulau Rambut, Pulau Untung Jawa, dan Pulau Ayer. Bentuknya gumpalan-gumpalan kecil berwarna hitam seperti aspal padat.

Ketika gumpalan yang mencemari pulau seribu itu terkena matahari akan mencair dan membuat kaki yang menginjaknya menjadi kotor.

Namun minyak mentah tersebut dinyatakan tidak mengganggu aktivitas pariwisata maupun perairan Kepulauan Seribu.

Sementara itu, di perairan Karawang di tempat pusat kebocoran, minyak mentah telah mengancam kesehatan warga setempat dan merugikan petani tambak maupun nelayan.

Produksi garam di wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat, hingga kini terhenti akibat kebocoran itu. Ada sekitar 100 hektare tambak garam di wilayah pesisir utara Karawang yang terpaksa tidak berproduksi lagi sekarang.

 

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini