Ngeri! Cuma Gara-gara Makanan Ini, Otak Pria di Cina Jadi Sarang Cacing Pita

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Masyarakat di China suka sekali meyantap masakan mentah atau setengah matang. Walaupun memang terlihat menyehatkan, ternyata tak sedikit dari mereka menderita penyakit dari mengkonsumsi makanan tersebut.

Seperti yang dialami seorang pria pekerja konstruksi berusia 46 tahun di China menderita kejang-kejang setelah memakan hotpot berupa daging setengah matang. Setelah diperiksa, ternyata ada cacing pita bersarang di otaknya.

Sebulan lalu, Zhu (nama samaran) dari Quzhou, di Provinsi Zhejiang Timur membeli daging babi dan domba untuk dimasak sebagai hotpot dalam kaldu pedas.

Menurut laporan dari Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Zhejiang, beberapa hari kemudian dia merasa pusing dan sakit kepala pada siang hari. Sedangkan malam harinya, Zhu akan kejang-kejang, persis seperti orang yang menderita epilepsi.

Ketika Zhu kejang, rekan kerjanya membawanya ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa. Setelah menjalani CT Scan, hasilnya terjadi kalsifikasi antarranial dan lesi di tengkoraknya. Namun dia menolak pemeriksaan lebih lanjut karena tak mau menghabiskan banyak uang.

Hanya saja, gejalanya tak hilang. Dia masih terus mengalami kejang. Dia menyerah dan kembali ke rumah sakit untuk dilakukan MRI. Dokter pun mendiagnosanya dengan neuroysticercosis- ada cacing pita di otak.

Neurocysticercosis adalah infeksi parasit yang tertular ketika seseorang menelan telur cacing pita. Ketika sampai di otak, larva cacing pita akan masuk ke jaringan otot dan otak. Di sana mereka mulai membentuk kista -seperti kalsifikasi (pengerasan).

Mengutip CNN, dokter pun bertanya kebiasaan Zhu. Setelah mendengar bahwa Zhu sudah makan hotpot baru-baru ini, dokter berspekulasi bahwa daging babi dan domba mungkin sudah dihinggapi larva cacing pita. Cacing ini kemudian masuk ke saluran pencernaan karena dagingnya tak dimasak dengan benar.

“Saya hanya merebus dagingnya sebentar,” kata Zhu dalam laporan rumah sakit. “Kaldunya pedas berwarna merah, jadi Anda tak bisa lihat apakah dagingnya sudah dimasak sampai matang atau belum.”

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini