Presiden AS Donald Trump
Presiden AS Donald Trump

MATA INDONESIA, JAKARTA-Peringatan keras disampaikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kepada kapal perang Iran. Dirinya memerintahkan Angkatan Laut AS untuk menghancurkannya jika mengganggu kapal-kapal AS.

“Saya telah menginstruksikan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk menembak jatuh dan menghancurkan setiap dan semua kapal perang Iran jika mereka mengganggu kapal kami di laut,” cuit Trump di Twitter, tanpa memberikan rincian lainnya, dilansir dari Xinhua, Kamis 23 April 2020.

Wakil Menteri Pertahanan, David Norquist kemudian mengatakan di Pentagon telah dilakukan pengarahan “Semua kapal kami membela diri dan orang-orang perlu sangat berhati-hati dalam interaksi mereka untuk memahami hak dasar untuk membela diri,” katanya.

John Hyten, wakil ketua Gabungan Kepala Staf, menambahkan pada pengarahan yang sama bahwa pasukan AS akan menanggapi dengan kekuatan mematikan untuk mempertahankan diri mereka jika perlu.

“Jadi, jika Anda melewati garis itu, kami tahu apa garis itu dan kami akan merespons. Kami tidak perlu arahan lagi untuk melakukan itu. Saya pikir pesan presiden sangat jelas dan kami tidak perlu tindakan lagi,” katanya.

Angkatan Laut AS mengatakan pekan lalu, 11 kapal Angkatan Laut Garda Revolusi Iran (IRGC) berulang kali melakukan pendekatan berbahaya dan mengganggu kapal-kapal angkatan laut AS yang beroperasi di perairan internasional Teluk Arab Utara.

Namun Garda Revolusi menuding pasukan angkatan laut AS berulang kali bersikap “tidak profesional” di Teluk selama beberapa pekan terakhir, mengancam perdamaian regional dan menimbulkan risiko baru.

Dalam pernyataan yang disiarkan oleh Press TV pada hari Minggu, Angkatan Laut Garda Revolusi mengatakan kehadiran “ilegal” pasukan AS di wilayah tersebut adalah sumber ketidakamanan di Asia Barat.

“Satu-satunya cara untuk membangun keamanan berkelanjutan di kawasan ini adalah penarikan total orang Amerika dari Asia Barat,” kata pernyataan itu.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here