Negeri di Atas Awan Akhirnya Ditutup untuk Wisatawan

Baca Juga

MATAINDONESIA, LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak menutup sementara destinasi wisata “Negeri di Atas Awan” untuk mengantisipasi bencana alam menjelang liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2020. ”Kami berharap wisatawan tidak mengunjungi kawasan wisata itu,” kata Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi di Lebak, Sabtu, 21 Desember 2019.

Destinasi wisata “Negeri di Atas Awan “ berlokasi di Gunung Luhur Desa Citorek, Kecamatan Cibeber masuk kategori daerah rawan bencana alam longsoran. Sebab, kawasan wisata itu berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Selama ini juga kawasan tersebut belum stabil pascaterjadi bencana longsor dan banjir bandang. ”Kami minta wisatawan tidak merayakan liburan Natal dan tahun baru di objek wisata ‘Negeri di Atas Awan’ itu,” katanya

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Lebak Ajun Komisaris Fikry Ardiansyah mengatakan pihaknya mengimbau pengunjung tidak merayakan liburan Natal dan tahun baru ke lokasi wisata “Negeri di Atas Awan”. Saat ini, jalan menuju ke objek wisata tersebut masih terjadi longsoran hingga menutupi sebagian besar badan jalan.

Padahal, jalan tersebut belum lama ini dibangun Pemerintah Provinsi Banten. ”Kami menutup jalan menuju wisata Negeri di Atas Awan karena khawatir menimbulkan bencana alam,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga menerjunkan petugas untuk melakukan penjagaan secara bergantian karena di jalur wisata tersebut sepanjang jalan terdapat tebing tanah merah dan jurang yang cukup dalam.

Apalagi, saat ini curah hujan cenderung meningkat sehingga kondisi tanahnya belum stabil. ”Kami menerjunkan sebanyak 10 personel untuk menjaga jalur menuju lokasi wisata Negeri di Atas Awan,” katanya.

Destinasi wisata Negeri di Atas Awan pertama kali ditemukan oleh pekerja yang tengah memperbaiki jalan provinsi yang menghubungkan Lebak utara dan selatan pada September 2018.

Setelah sempat viral di media sosial, satu persatu pengunjung pun mulai datang, dan mereka menjuluki Gunung Luhur sebagai negeri di atas awan. Sejak viral di media sosial, jumlah pengunjung Negeri di Atas Awan’ Gunung Luhur mencapai ribuan orang setiap akhir pekan.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini